FKUB Lamandau Dibekali Teknik Mediasi

Ketua FKUB Lamandau Yusuf Ahmad (tengah), saat mengikuti pelatihan khusus profesi mediator di Palangka Raya. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Lamandau – Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB Kabupaten Lamandau dibekali teknik mediasi dalam pelatihan khusus profesi mediator yang digelar di Palangka Raya, 30 April hingga 4 Mei 2024.

Pelatihan tersebut diadakan oleh Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama RI dengan menggandeng Walisongo Mediation Center (WMC) sebagai lembaga penyelenggara pelatihan dan pendidikan.

Ketua FKUB Lamandau Yusuf Ahmad mengatakan, FKUB berperan penting dalam menyatukan keragaman dan menciptakan suasana kondusif, melalui kegiatan pencegahan setiap gerakan yang bisa menimbulkan konflik sosial. Karena itu pelatihan profesi mediator itu sangat bermanfaat bagi FKUB dalam menghadapi konflik antar umat beragama.

“Saya siap menjadi pihak yang membantu penyelesaian suatu konflik untuk mencapai solusi yang efektif,” katanya usai mengikuti pelatihan.

Menurut Yusuf, pemecahan konflik untuk mencapai kestabilan dapat dilakukan dengan cara mediasi.

“Semua masalah bisa diselesaikan dengan cara damai, dan peran mediator bersertifikasi dalam hal ini sangat penting,” ucapnya. (ASR)