Umum  

Relawan Matabu Jaya dan Sulung Rescue Evakuasi Ular dalam Kloset Warga

Koordinator Kebencanaan Relawan Matabu Jaya Achmad Khomaru saat membantu evakuasi ular Ripung dari WC warga RT 16 Kelurahan Tamiang Layang, Kamis, 16 Mei 2024. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Relawan Matabu Jaya dan Sulung Rescue Kabupaten Barito Timur mengevakuasi ular dari dalam kloset WC milik warga bernama Mahdi di RT 16 Kelurahan Tamiang Layang, Kamis, 16 Mei 2024.

Ketua Relawan Matabu Jaya Safrahuddin saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan dan permintaan bantuan dari warga melalui kontak emergency sekitar pukul 07.45 WIB.

Sulung Rescue dan Relawan Matabu Jaya kemudian merespons dengan cepat dan mendatangi rumah Mahdi untuk mengevakuasi ular tersebut dengan peralatan jepit khusus dan karung.

“Ular Ripung (Python breitensteini). Saat dievakuasi berontak sehingga cepat dimasukkan dalam karung,” kata Safrahuddin

Para relawan sempat mengalami kendala saat mengeluarkan ular itu dari kloset karena ukurannya yang cukup besar.

“Terpaksa kami tunggu sampai keluar dari lubang kloset, itu pun membutuhkan waktu lumayan dikarenakan ular tersebut melawan dan tidak mau keluar,” terang Ketua Relawan Matabu Jaya.

Setelah berhasil dikeluarkan dari kloset, ular tersebut kemudian dilepaskan kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman.

Safrahuddin mengimbau warga agar berhati-hati karena berbagai jenis ular dapat masuk ke dalam rumah karena mengejar mangsa, mencari tempat yang hangat atau berlindung dari predator dan lain-lain.

“Kalau masuk ke kamar mandi perhatikan di sekitar dan lubang kloset, jika terjadi pengurangan air dalam lubang kloset dan terlihat gelembung-gelembung berarti ada sesuatu dalam lubang kloset, jika ular tersebut masih dalam lubang kloset pasti akan keluar karena hewan tersebut untuk mencari oksigen,” terangnya.

Safrahuddin juga memastikan relawan selalu siap jika ada warga yang membutuhkan bantuan mengevakuasi hewan-hewan liar atau berbisa yang masuk ke dalam rumah.

“Silahkan hubungi kami, kami akan segera datang ke lokasi untuk memberikan bantuan,” pesannya. (ASR)

error: Content is protected !!