Di Tamiang Layang ternyata Ada Satellite Office, Apa Itu?

Satellite office yang diterapkan di KP2KP Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur. (Foto: Ist)

BERITA62.COM – Pandemi covid-19 telah mempengaruhi perilaku manusia secara global, memaksa kita untuk beradaptasi demi menekan penyebaran virus. Salah satu perubahan signifikan terjadi di dunia kerja, termasuk di Kementerian Keuangan, yang menerapkan new ways of working (cara kerja baru) untuk mempercepat modernisasi pola kerja.

Sejak tahun 2018-2019, Kementerian Keuangan telah merencanakan perubahan pola kerja yang dituangkan dalam kajian flexible working (kerja fleksibel), yang mengusung konsep new thinking of working (pemikiran baru dalam bekerja) yang didasarkan pada budaya kerja adaptif berbasis digital. Contoh dari flexible working ini antara lain konsep open space (ruang kerja terbuka) dan flexy time (jam kerja fleksibel).

Pandemi Covid-19 telah mempercepat implementasi rencana ini, sehingga Kementerian Keuangan segera menerapkannya dalam bentuk satellite office (kantor satelit) dan co-working space (ruang kerja bersama).

Satellite office adalah cabang kantor yang berlokasi terpisah dari kantor pusat suatu perusahaan atau organisasi. Kantor satelit dibuat untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Sementara itu, co-working space adalah tempat terbuka yang dapat digunakan pegawai atau karyawan dalam bekerja secara individual maupun secara bersama-sama. Co-working space ini digunakan secara komunal, menyesuaikan dengan pola kerja yang baru.

Dalam lingkup Kementerian Keuangan, satellite office merupakan pengejawantahan optimalisasi Barang Milik Negara (BMN) berupa kantor atau ruangan di luar kantor utama yang dapat digunakan untuk bekerja. Satellite office memfasilitasi pegawai Kementerian Keuangan agar dapat tetap bekerja tanpa harus menempuh perjalanan jauh. Dengan kata lain, satellite office mendukung fleksibilitas kerja pegawai.

Selain itu, satellite office juga meningkatkan optimalisasi teknologi dan informasi sebagai bagian dari budaya kerja yang modern.

Satellite office diperkenalkan melalui pilot project (uji coba) di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bogor pada tahun 2020. Saat ini, proyek satellite office telah diterapkan di seluruh Indonesia, salah satunya di Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, yang merupakan satellite office pertama di Pulau Kalimantan.

Implementasi flexible working space di Lingkungan Kementerian Keuangan diharapkan dapat menjaga produktivitas pegawai dan meningkatkan kolaborasi serta sinergi antar unit. Di manapun pegawai Kementerian Keuangan berada, dapat tetap bekerja secara efektif.

Selain itu, flexible working space juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan para pegawai melalui transfer pengetahuan yang terjadi dengan meningkatnya interaksi antar unit. (*)
____________
Penulis: Fransicus Febriando Banjarnahor, Staf KP2KP Tamiang Layang.

error: Content is protected !!