PT BCL Peringati Hari Puspa dan Satwa Melalui Kegiatan Astra Berbagi Ilmu di Sekolah Binaan

Kegiatan Astra Berbagi Ilmu yang diadakan PT BCL dalam rangka peringatan Hari Puspa dan Satwa, Kamis, 9 November 2023. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala sekolah, tenaga pendidik ataupun dinas pendidikan saja, namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak. Tak terkecuali dalam hal ini Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Bertepatan dengan peringatan Hari Puspa dan Satwa, PT Bhadra Cemerlang (BCL) menggelar kegiatan Astra Berbagi Ilmu, Kamis, 9 November 2023.

Acara yang mengusung tema Penanaman Karakter Budaya Peduli Diri dan Cinta Lingkungan itu dilaksanakan di SDN Mawani dan SMPN 2 Patangkep Tutui, Barito Timur.

Dalam kegiatan tersebut, PT BCL menyampaikan materi mengenai kampanye budaya keselamatan berlalu-lintas. Hal tersebut diinisiasi akibat maraknya kecelakaan berlalu-lintas di masyarakat yang disebabkan oleh ketidaktaatan para penggendara motor saat mengoperasikan kendaraan bermotornya.

Kegiatan Astra Berbagi Ilmu yang diadakan PT BCL dalam rangka peringatan Hari Puspa dan Satwa, Kamis, 9 November 2023. (Foto: Ist)

“Kami memperkenalkan aturan hukum pengendara dan rambu-rambu lalu lintas yang harus di patuhi dan diterapkan saat berkendara,” ujar Teguh Ginanjar, Asisten Safety Health and Environment (SHE) PT BCL.

Dia menambakan, selain mengkampanyekan pentingnya keselamatan berlalu-lintas, PT BCL juga mensosialisasikan mengenai tata tertib berlalu-lintas baik di dalam areal operasional perusahaan maupun masyarakat di sekitar lingkungan kebun. Hal ini sesuai dengan komitmen PT BCL dalam menerapkan budaya safety di semua bagian.

Senada dengan Teguh, Asisten CSR PT BCL Nurul Huda yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan program Astra Berbagi Ilmu merupakan program rutin yang dilaksanakan PT BCL sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan sekolah di sekitar perusahaan.

Kegiatan Astra Berbagi Ilmu yang diadakan PT BCL dalam rangka peringatan Hari Puspa dan Satwa, Kamis, 9 November 2023. (Foto: Ist)

Lebih lanjut dia mengatakan, PT BCL juga memberikan pengetahuan mengenai keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan kebun sawit bersama tim konservasi dan potensi kebakaran baik kebakaran di lingkungan perkebunan maupun lingkungan perumahan bersama tim fire protection kepada siswa-siswi SDN Mawani dan SMPN 2 Patangkep Tutui.

Pengetahuan keanekaragaman hayati seperti flora, fauna, dan kearifan lokal di lingkungan operasional PT BCL harus dipertahankan dan dilestarikan agar tidak punah sehingga ke depannya karyawan dan masyarakat lokal bisa tetap menikmati keanekaragaman hayati yang ada sampai kapanpun. Begitu pula dengan pentingnya pengetahuan dasar mengenai penanggulangan kebakaran bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Patangkep Tutui Subakir mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PT BCL yang telah mengadakan kegiatan tersebut.

“Terima kasih, kegiatan Astra Berbagi Ilmu ini sangat menarik dan bermanfaat sekali. Semoga ke depan kami diberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan ke PT BCL untuk wisata edukasi kepada peserta didik dan guru,” ucapnya.

Subakir menilai kegiatan Astra Berbagi Ilmu yang dilakukan PT BCL ini sangat luar biasa dan bermanfaat baik kepada guru, siswa, juga warga sekolah. (ASR)