Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Kukuhkan Guru Besar Pertama

Pengukuhan Guru Besar Pertama Pada Sidang Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Rabu 14 Juni 2023. (Foto: Arya Suta Ranggastara)

BERITA62.COM, Palangka Raya – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya mengukuhkan Prof. Dr. Bulkani, M.Pd sebagai guru besar pertama yang dimiliki perguruan tinggi tersebut. Pengukuhan dilakukan dalam Sidang Senat Terbuka di Aula Bahalap Hotel, Rabu, 14 Juni 2023.

Pemasangan toga dan pengalungan gordon kepada Bulkani dilakukan oleh Dr. H. Muhammad Yusuf, S.Sos, M.A.P selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Pada pengukuhan tersebut Bulkani menyampaikan orasi pengukuhan berjudul Peningkatan akurasi, indeks koefisien reliabilitas pada tes daring melalui sulitnya pengawasan dengan menurunnya keyakinan pengukur/evaluator dan adanya keraguan tentang reliabilitas hasil, menjadi permasalahan utama pada tes daring.

“Jadi dalam konteks itu evaluator harusnya berusaha untuk meningkatkan apa yang kita kenal selama ini dalam dunia pengukuran atau evaluasi dalam reliabilitas instrumen,” ungkapnya dalam cuplikan orasinya.

Prof Bulkani juga menyampaikan bahwa beberapa asumsi penggunaan tes saat ini yaitu pengukuran pendidikan yang merupakan pendidikan tidak langsung, sehingga masih mengandung komponen error.

“Maka saya mengimbau juga supaya kita nanti insyaf tidak lagi menggunakan istilah tes wawancara, hanya menggunakan wawancara saja,” lanjutnya.

Pengukuhan Guru Besar Bulkani pada Sidang Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dihadiri oleh Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak, Sekretaris Daerah Kalteng H. Nuryakin, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Muhammad Akbar, Anggota Majelis Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Sutrisno, staf ahli gubernur, asisten sekda, kepala perangkat daerah serta perwakilan instansi vertikal. (ARYA SUTA RANGGASTARA)

error: Content is protected !!