Ini yang Perlu Dilakukan Agar Lolos Beasiswa KIP Kuliah 2023

Kartu Indonesia Pintar. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Surabaya – Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) merupakan bentuk pelaksanaan Program Indonesia Pintar yang menjadi program unggulan Presiden Joko Widodo. Kartu ini diresmikan bersamaan dengan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtera pada 3 November 2014.

KIP Kuliah berupa program beasiswa pemerintah yang diberikan kepada siswa berprestasi dengan kondisi ekonomi tak mampu. Hak yang didapat dalam program KIP kuliah di antaranya peserta dibebaskan dari seluruh biaya kuliah mulai dari uang pendaftaran sampai lulus kuliah dan mendapatkan biaya hidup selama kuliah.

Khoirul Anam dari Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya membagikan sejumlah tips agar bisa lolos beasiswa KIP Kuliah. Khoirul mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah rajin mencari informasi jauh-jauh hari tentang kampus yang menerima beasiswa KIP kuliah.

“Jangan sampai ketinggalan informasi beasiswa dari kampus tujuan. Calon mahasiswa bisa mencari tahu berbagai informasi melalui internet, alumni penerima beasiswa. Hal ini akan sangat membantu calon mahasiswa dalam mempelajari prosedur dan syarat yang diberikan,” kata Khoirul dilansir dari laman UM Surabaya, Rabu, 8 Februari 2023.

Berikutnya calon peserta KIP Kuliah harus mempersiapkan berkas pendaftaran secara teliti.

“Setelah mencari informasi terkait syarat dan ketentuannya persiapkan berkas seperti ijazah, kepemilikan kartu KIP Kuliah, memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) telah terdaftar,” jelasnya.

“Berkas lain seperti curriculum vitae, foto rumah asli dan prestasi yang pernah didapatkan saat sekolah juga perlu dipersiapkan karena memiliki nilai tambah,” imbuh Khoirul.

Selanjutnya dia mengingatkan agar mengisi biodata dengan benar.

“Biodata harus diisi dengan benar dan apa adanya sesuai dengan kondisi yang dimiliki saat ini, karena di dalam pengisian biodata ini sangat erat kaitannya dengan tes wawancara setelah dinyatakan lolos dengan seleksi administrasi,” tegas Khoirul.

Terakhir calon peserta KIP Kuliah harus mempersiapkan tes wawancara. Tidak semua kampus memberlakukan tes wawancara untuk penerima beasiswa KIP Kuliah, namun calon mahasiswa tetap perlu mempersiapkan.

“Lakukan latihan wawancara dengan teman atau saudara atau siapa saja seolah-olah sedang diwawancarai oleh tim seleksi wawancara. Selain melatih kepercayaan diri, latihan wawancara juga akan mempermudah seseorang dalam menguasai data-data yang dimiliki,” pesan Khoirul.

Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai KIP Kuliah 2023, kunjungi laman resmi Kemendikbudristek: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ (ASR)

error: Content is protected !!