Siswa SD Asal NTT Pemenang Lomba Sempoa Dunia Bertemu Mendikbudristek

Nono, siswa SD asal Buraen Kabupaten Kupang NTT yang menjuara olimpiade sempoa tingkat dunia bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim, Rabu, 25 Januari 2023. (Foto: Dok. Istimewa)

BERITA62.COM, Jakarta – Caesar Archangel Hendrik Meo Tnunay alias Nono, ‘bocah ajaib’ asal Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur, bertemu dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Mendikbudristek Nadiem Makarim di Gedung Kemendikbudristek, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023.

Nono yang mengenakan pakaian loreng ala militer didampingi ibunya Nuryati dan dua tutor dari Abacus Brain Gym Indonesia.

Sebelumnya Nadiem menjanjikan akan mengundang Nono ke Jakarta setelah prestasi siswa kelas II SD itu viral. Nono diketahui berhasil menyabet juara pertama dalam lomba sempoa tingkat dunia bertajuk International Abacus Competition 2022.

International Abacus World Competition merupakan kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia yang diselenggarakan oleh International Abacus Brain Gym. Sempoa merupakan bagian dari matematika yang fokus pada pembelajaran aritmatika dasar, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dalam lomba ini, Nono berhasil mengalahkan 7.000 peserta dari berbagai negara.

Ibu Nono, Nuryati, saat diwawancarai usai pertemuan mengaku senang dan bangga anaknya mendapat perhatian dari Mendikbudristek.

“Ini sesuatu yang luar biasa, ya. Tanpa saya duga, saya bisa bertemu dengan orang tertinggi di bagian departemen pendidikan, atasan tertinggi saya,” ujar wanita yang berprofesi sebagai guru ini.

Menurut Nuryati, saat bertemu Nadiem menanyakan bagaimana cara Nono belajar sehingga bisa cepat berhitung menggunakan sempoa.

Executive Instructor Abacus Brain Gym Indonesia sekaligus tutor Nono, Angie Michaela Marella menambahkan, dalam pertemuan itu Nadiem menghadiahkan tas ransel untuk Nono dan menawarkan beasiswa.

“Diberikan sebuah tas ransel yang isinya kita kurang tahu. Tadi Pak Menteri menawarkan beasiswa dan program-program latihan ataupun dukungan yang dibutuhkan untuk Nono berkompetisi atau pendidikan yang akan datang,” ungkap Angie.

Usai bertemu Mendikbudristek, Nono bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah. (GRA)

error: Content is protected !!