Begini Visi dan Misi Yunus AG Jika Kembali Terpilih Jadi Kades Malintut

Calon Petahana Kades Malintut dengan Nomor Urut 2, Yunus AG (kanan)

BERITA62.COM, Barito Timur – Yunus AG kembali mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Malintut Kabupaten Barito Timur untuk periode kedua. Untuk mengikuti Pilkades Serentak yang akan dilaksanakan tanggal 3 Juni 2023 itu, Yunus mendapatkan Nomor Urut 2.

“Pada periode kedua nanti visi saya adalah Mewujudkan Desa Malintut Aman, Adil, Makmur dan Tentram, sedangkan misinya Bekerja Keras, Berintegritas, Berkualitas dan Bekerja Ikhlas,” ucapnya saat diwawancarai, Senin, 29 Mei 2023.

Untuk mewujudkan visinya, Yunus menyusun 8 program kerja yaitu:

1. Bidang keagamaan, adat dan budaya.

– Mengayomi semua umat beragama tanpa ada perbedaan
– Memprogramkan bantuan untuk kegiatan hari-hari besar keagamaan
– Memperjuangkan agar bantuan pembangunan rumah ibadah dan bantuan operasional rumah ibadah yang bersumber dari APBD Kabupaten Barito Timur dapat berjalan dengan baik
– Mendukung semua kegiatan keagamaan dalam upaya untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
– Menjunjung tinggi adat istiadat dan budaya baik melalui sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat dan tokoh adat yang ada di Desa Malintut.

Calon petahana Kades Malintut Yunus AG dengan Nomor Urut 2.

2. Bidang Pemerintahan

– Pelayanan administrasi yang cepat dan tepat dan akurat
– Pengelolaan tata pemerintahan desa yang terbuka, transparan dan berkeadilan
– Menciptakan suasana yang kondusif dan harmonis dengan BPD, ketua RW, ketua RT, Linmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan para pemangku adat yang ada di desa malintut sehingga tercipta percepatan pembangunan
– Mengedepankan musyawarah mufakat dalam setiap penyelesaian masalah
– Meningkatkan kembali kegiatan dan aktivitas BUMDes, secara khusus memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi yang akan selanjutnya berlanjut ke penggunaan pupuk organik, menyediakan bahan pakan ternak, bahan pakan ikan dengan sasaran utama petani pemilik dan para petani penggarap yang sampai sekarang belum terdaftar di RDKK serta tidak memiliki kartu tani.

3. Bidang infrastruktur

– Perbaikan seluruh jalan usaha tani kebun karet area PTPN, jalan usaha tani perladangan dan persawahan.
– Pengaktifan seluruh sarana dan prasarana olahraga yang ada
– Pengaspalan jalan, perluasan area pemukiman Malintut- Turan Amis
– Peningkatan jalan penghubung antar Desa Malintut-Unsum dan Malintut-Baruyan yang juga sekaligus menjadi jalan usaha tani Malintut- Sei Ulin

4. Bidang Pertanian dan Perkebunan

– Memaksimalkan pendampingan terhadap semua kelompok tani yang ada seperti kelompok tani khusus padi, kelompok tani khusus jagung pakan ternak, kelompok tani khusus kedelai, kelompok tani khusus kacang koro pedang kelompok tani khusus sayur-sayuran, kelompok wanita tani kacang tanah dan kelompok tani khusus kakao.

5. Bidang perikanan dan peternakan

– Hampir 100 persen rumah di Desa Malintut memiliki kolam tanah dan kolam terpal yang dapat dimaksimalkan pengelolaannya dengan pendampingan dari PPL yang membidangi perikanan dan pemasaran
– Juga terdapat kelompok ternak sapi, kelompok ternak kambing, kelompok ternak itik atau bebek, kelompok ternak babi dan kelompok ternak ayam kampung yang dapat dikembangkan.

6. Bidang pendidikan

– Memprogramkan pelatihan atau kursus bahasa Inggris anak-anak di tingkat Sekolah Dasar (SD)
– Memprogramkan kursus atau pelatihan komputer dari anak TK hingga tingkat SD.
– Memprogramkan beasiswa bagi anak yang memiliki prestasi di sekolah dari tingkat TK sampai SD.
– Memprogramkan bantuan khusus bagi anak-anak yang tergolong miskin, rentan miskin, anak yatim piatu khususnya yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS yang masih berusia sekolah.
– Mendorong agar seluruh anak yang tergolong miskin, rentan miskin dan terdaftar di TKS agar mendapatkan kartu BPJS, kartu BPNT, kartu PKH dan KIP kuliah.

7. Bidang kesehatan

– Memaksimalkan pelayanan posyandu lansia dan posyandu balita.
– Memaksimalkan program BPJS bagi para lansia dan rumah tangga miskin (RTM)
– Memprogramkan berobat di rumah secara khusus bagi para lansia

8. Bidang kepemudaan dan olahraga

Meningkatkan peran dan mendukung kaum muda secara khusus di bidang percepatan pembangunan sumber daya manusia (SDM):
– Bagi yang non skill diantaranya pelatihan di bidang perbengkelan, pelatihan di bidang pengoperasian alsintan pelatihan di bidang wirausaha.
– Bagi yang memiliki skill atau berpendidikan maksimal, masuk ke perusahaan-perusahaan, masuk ke proses fresh training serta masuk ke berbagai ajang cari bakat di segala jenis olahraga atau menjadi atlet sepak bola, bulutangkis, bola voli, futsal, karate, tinju, MMA dan lain-lain.

Usai memaparkan visi, misi dan program kerjanya, Yunus AG menyampaikan harapannya agar warga yang memiliki hak suara dapat mendukungnya saat pencoblosan nanti.

“Visi-misi ini terwujud serta terlaksana dengan baik jika seluruh warga masyarakat desa Malintut masih memberi kepercayaan kepada saya untuk memimpin Desa Malintut 6 tahun ke depan yaitu dengan cara datang ke TPS pada tanggal 3 Juni 2023 dan memilih Calon Kepala Desa Malintut Nomor Urut 2, Yunus AG,” ujarnya. (ADV)