Berita  

Dewi Sartika dan Partai Hanura Dukung Festival Nariuk di Desa Pulau Patai

Dewi Sartika menyerahkan hadiah uang kepada pemenang Festival Nariuk II di Desa Pulau Patai, Minggu 7 Agustus 2022.

TEKIWE.COM, Barito Timur – Dewi Sartika bersama DPC Partai Hanura Kabupaten Barito Timur mendukung kesuksesan penyelenggaraan Festival Nariuk II di Desa Pulau Patai Kecamatan Dusun Timur yang berlangsung tanggal 6-7 Agustus 2022.

Nariuk adalah tradisi berburu ikan secara tradisional dalam masyarakat Dayak dengan menggunakan tombak. Kegiatan Nariuk biasanya dilakukan secara beramai-ramai di lubuk sungai pada musim kemarau atau saat air sungai mulai surut.

Beberapa hari sebelum festival berlangsung Dewi Sartika bersama Partai Hanura menyerahkan bantuan kepada panitia penyelenggara. Bantuan keuangan tersebut selanjutnya digunakan oleh panitia untuk melengkapi fasilitas penunjang festival.

Dengan tariuk di tangan, peserta festival nariuk ramai-ramai berburu ikan di Sungai Sirau.

Kemudian pada penutupan festival Dewi Sartika memberikan hadiah berupa uang untuk juara 1 dan 2. Sedangkan Partai Hanura menyiapkan hadiah bagi juara 3.

Kepada Tekiwe.com Dewi mengatakan, sebagai salah warga Barito Timur dirinya merasa terpanggil untuk mendukung festival yang mengangkat dan melestarikan budaya lokal itu sekaligus memeriahkan hari jadi ke-20 Barito Timur dan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami berharap kegiatan seperti itu menjadi agenda rutin Pemkab Barito Timur melalui dinas terkait serta juga dilaksanakan di desa-desa lain yang memiliki potensi perikanan,” ujar wanita yang menjabat sebagai Sekretaris DPC Partai Hanura Barito Timur ini.

Dewi Sartika menghadiri festival nariuk pada hari pertama.

Dia menambahkan, bila perlu ada piala yang diperebutkan untuk tingkat kabupaten. Dewi menyatakan kesiapan untuk mendukung jika acara yang dimaksud jadi digelar.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti itu karena selain melestarikan budaya lokal juga mengangkat potensi-potensi pariwisata dan menggerakkan perekonomian di desa,” tandasnya. (ADV)

error: Content is protected !!