Manfaat Pengolahan Pasca Panen Hasil Pertanian

Hasil olahan ketela rambat menjadi keripik

BERITA62.COM – Saya sangat antusias ketika mendiskusikan tentang teknologi pasca panen hasil pertanian dengan teman-teman yang peduli atau memiliki minat yang sama. Kenapa?

Pertama, karena tanpa perlakuan khusus hasil pertanian tidak bertahan lama. Padahal seringkali saat panen melimpah, tidak semua hasil panen terserap oleh pasar. Dengan demikian, pengolahan pasca panen akan memperpanjang masa simpan hasil pertanian sekaligus menjaga persediaan produk tersebut.

Kedua, hasil pertanian yang telah diolah juga lebih mudah disimpan atau dikirim ke tempat yang jauh.

Ketiga, pengolahan pasca panen dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi. Sebagai contoh, singkong yang telah diolah menjadi keripik dan dikemas dengan baik memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibanding singkong segar yang baru dipanen.

Keempat, dari pengolahan pasca panen kita menghasilkan produk pertanian yang lebih menarik dari segi tampilan, rasa dan sifat fisik.

Kelima, pengolahan pasca panen juga bermanfaat untuk mengurangi kerugian saat panen melimpah dan harga hasil pertanian anjlok. Sebagai contoh, saat harga cabai turun pada titik terendah yang dapat merugikan petani, cabai tersebut dapat dikeringkan untuk diolah sebagai cabai bubuk yang memiliki umur simpan yang lebih lama.

Kalau masih ada keenam dan seterusnya, silahkan ditambahkan……

___________

Salam hangat, Agustinus Bole Malo

error: Content is protected !!