Dua ASN Kemenag Barito Timur Ikut Pelatihan Khusus Profesi Mediator

Pelatihan khusus profesi mediator di Palangka Raya 30 April hingga 4 Mei 2024. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur H Ahmadi menugaskan dua Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti pelatihan khusus profesi mediator di Palangka Raya 30 April hingga 4 Mei 2024.

Pelatihan digelar oleh Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama RI dengan menggandeng Walisongo Mediation Center (WMC) sebagai lembaga penyelenggara pelatihan dan pendidikan.

Plt Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama RI Wawan Djunaedi yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Ketua Panitia Kegiatan Paulus Tasik Galle mengatakan, tujuan pelatihan agar anggota FKUB, kegiatan kerukunan dan ASN Kementerian Agama memahami mediasi dan memiliki pengalaman praktik mediasi profesional.

“Pelatihan ini bersertifikat Mediator Mahkamah Agung. Bisa membuka klinik mediasi dalam rangka mengawal program utama, yaitu moderasi beragama,” jelasnya.

Pelatihan itu dibuka oleh Kabid Papkis Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H Elly Syahputra.

Elly yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah H Noor Fahmi
mengatakan, pelatihan yang berlangsung selama lima hari ke depan itu sangat luar biasa.

“Bapak Kakanwil menyampaikan, kegiatan ini sangat luar biasa. ASN Kemenag bisa menjadi praktisi mediasi. Mari selalu mengedepankan dialog untuk menjaga kerukunan umat beragama,” ungkapnya. (ASR)