Bupati Barito Timur Hadiri Panen Jagung di Desa Malintut

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas bersama Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Lurikto dan Kadis PUPR Perkim Yumail J Paladuk menghadiri panen jagung pada Kelompok Tani Suka Maju di Desa Malintut Kecamatan Raren Batuah.

BERITA62.COM, Barito Timur – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menghadiri kegiatan panen jagung pada Kelompok Tani Suka Maju Desa Malintut di Kecamatan Raren Batuah, Jumat, 20 Januari 2023.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Kadis PUPR Perkim Barito Timur, Camat Raren Batuah, Koordinator BPP Raren Batuah, Kades Malintut, Kades Unsum, Kades Turan Amis, PPL se-Raren Batuah, Koordinator Pengamat Hama se-Barito Timur, kelompok tani se-Raren Batuah dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati mengapresiasi pengembangan budidaya jagung yang dilakukan anggota Kelompok Tani Suka Maju di Desa Malintut.

Pada kesempatan itu Ampera juga menyampaikan hasil pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta beberapa hari lalu terkait pengendalian inflasi.

“Presiden mengatakan salah satu yang menunjang inflasi adalah bahan pangan karena itu saya berharap masyarakat tani lebih konsentrasi mengembangkan budidaya jagung, padi dan palawija lainya serta budidaya ayam petelur dan ayam pedaging, karena ini dapat membantu menekan inflasi,” katanya.

Senada dengan Bupati, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Lurikto, juga berharap petani terus meningkatkan luas tanam jagung sambil mencoba menggarap potensi pengembangan tanaman kedelai di samping padi.

“Karena itu saya mengimbau kepada seluruh penyuluh pertanian untuk lebih giat lagi mendampingi petani sehingga dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi petani dan membantu menemukan solusinya,” pesannya.

Kepada Berita62 Lurikto menjelaskan, dari pengubinan yang dilakukan, diperkirakan setiap hektare lahan pada Kelompok Tani Suka Maju menghasilkan panen 12 ton jagung tongkol.

“Kalau luas tanam jagung di Kecamatan Raren Batuah pada musim tanam Oktober-Maret yaitu 85 hektare, sedangkan total luas tanam jagung untuk Barito Timur yakni 368 hektare,” tandasnya. (ASR)

error: Content is protected !!