Berita  

Jokowi Akan Berkunjung ke Ukraina, 39 Pasukan Elite Kawal dengan Senjata Laras Panjang

Presiden Joko Widodo akan dikawal oleh 39 anggota pasukan elite yang dibagi dalam tiga tim saat berkunjung ke Ukraina. (Ilustrasi: Pixabay)

TEKIWE.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo berencana melakukan serangkaian perjalanan luar negeri mulai 26 Juni 2022. Ia akan berkunjung ke Jerman untuk menghadiri pertemuan G7, kemudian berkunjung ke Kyiv Ukraina untuk menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Selanjutnya Jokowi juga akan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia.

Dilansir dari CNN Indonesia, saat kunjungan ke Ukraina Presiden akan dikawal oleh 39 anggota pasukan elite yang dibagi dalam tiga tim.

Komandan Pasukan Pengaman Presiden atau Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo menjelaskan, 39 pasukan elite itu dibagi menjadi tim utama yang melekat dengan Jokowi, tim penyelamatan, dan tim advance atau tim pendahulu.

“Kalau kita sendiri yang melekat ke beliau (Jokowi) ada 19, ditambah yang matannya (tim penyelamatan) sendiri 10 di sana. Berarti 29, ditambah dengan 10 orang yang sudah stand by di sana,” ujar Tri saat dihubungi, Kamis, 23 Juni 2022.

Dia menambahkan, para prajurit itu akan dilengkapi dengan senjata laras panjang. Mereka pun dipasok dengan amunisi tidak terbatas selama mengawal Jokowi.

Menurut Danpaspampres, prajurit-prajurit tersebut telah dilatih di sejumlah pasukan elite TNI. Mereka juga telah menjalani latihan penyelamatan khusus untuk kunjungan ke Ukraina.

“Alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus, ada dari Denjaka, ada dari Paskhas ada. Alhamdulillah kita percaya diri,” tandasnya. (ASR)

error: Content is protected !!