Berita  

Kodim Buntok Gelar Tes Garjas Samapta Periodik dan Uji Kenaikan Pangkat

Kegiatan tes garjas samapta periodik dan UKP di Stadion Batuah Buntok.

TEKIWE.COM, Barito Selatan  – Kodim 1012 Buntok menggelar tes kesegaran jasmani atau garjas periodik semester I tahun 2022 dan uji kenaikan pangkat atau UKP di Stadion Batuah Buntok, Kamis, 12 Mei 2022.

Tes garjas diikuti 80 anggota Kodim yang terdiri dari 35 anggota untuk menjalani UKP dan 45 anggota melaksanakan samapta periodik.

Komandan Kodim 1012 Buntok Letkol Inf Dwi Tantomo mengatakan, pelaksanaan tes garjas periodik ini sebagai tolak ukur pembinaan satuan, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan kesamaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala.

“Kemudian tes garjas UKP sebagai persyaratan prajurit untuk naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dengan syarat nilai garjas harus sesuai dengan standar kelulusan yang telah ditentukan,” tuturnya.

Kepada peserta tes garjas, Dandim meminta agar memaksimalkan pelaksanaan kesamaptaan, namun harus melihat aspek kesehatan dan kondisi tubuh masing-masing.

“Rekan-rekan anggota sendiri yang tahu kondisi dan keadaan fisik rekan-rekan. Bagi yang tidak kuat, jangan dipaksakan daripada nanti terjadi apa-apa. Lakukan dengan semangat dan jaga keselamatan,” tegas Dandim.

Selain dilaksanakan tes garjas berupa samapta A dan B yang terdiri dari materi lari 12 menit, sit up, push up, pull up, lunges dan shuttle run, juga akan dilakukan tes dasar renang militer. (Pendim 1012 Buntok)

error: Content is protected !!