Berita  

Riza Rahmadi Pimpin Tim Safari Ramadan Pemprov Kalteng di Barito Timur

Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng, Riza Rahmadi saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng pada Safari Ramadan di Masjid Jami Darul Khairat Desa Wungkur Nanakan, Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur.

TEKIWE.COM, Barito Timur – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalimantan Tengah, Riza Rahmadi, memimpin kegiatan Safari Ramadan Tim Pemprov Kalteng pada 10 kecamatan di Kabupaten Barito Timur selama dua hari yakni tanggal 15 dan 16 April 2022.

Pada hari pertama Safari Ramadan dilakukan di 5 kecamatan yakni Kecamatan Awang, Dusun Tengah, Karusen Janang, Paju Epat dan Kecamatan Benua Lima.

Saat menghadiri Safari Ramadan di Kecamatan Awang tepatnya di Masjid Jami Darul Khairat Desa Wungkur Nanakan, Riza Rahmadi yang membacakan sambutan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, mengajak masyarakat Barito Timur untuk terus meningkatkan kualitas amal ibadah selama Bulan Suci Ramadan dengan khidmat, khusyuk dan penuh kedamaian.

Safari Ramadan di Kecamatan Dusun Tengah.

“Sehingga amal ibadah yang
kita kerjakan khususnya ibadah puasa dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam guna menjadikan kita sebagai insan yang memiliki derajat ketakwaan yang tinggi di sisi Allah Subhanahu Wa Taala, menuju Kalteng Berakhlak Penuh Keberkahan,” ujarnya.

Melihat kondisi perkembangan keagamaan dan sosial kemasyarakatan pasca pandemi covid-19, Riza juga mengajak masyarakat memperkuat sendi-sendi persatuan, meningkatkan kewaspadaan, memelihara kerukunan dalam kebhinekaan serta saling menghargai dan menjunjung tinggi toleransi.

“Hindari penyalahgunaan
narkoba dan miras sehingga tatanan kehidupan umat beragama, bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
harmonis penuh kedamaian dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga pada akhirnya warga masyarakat Barito Timur dapat berjalan mampu menjadi bagian dalam mewujudkan Kalteng Makin Berkah di Tambun Bungai, Bumi Pancasila yang kita
cintai,” imbuhnya.

Riza Rahmadi menyerahkan cinderamata dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk jemaah masjid saat Safari Ramadan di Desa Wungkur Nanakan Kecamatan Awang.

Masih dalam rangka Ibadah Puasa Ramadhan Tahun 1443 Hijriah, Riza meminta semua pihak terkait untuk menjaga stabilitas dan kecukupan bahan pokok strategis dan logistik lainnya dengan harga yang normal dan relatif terjangkau.

“Terutama dalam menghadapi lebaran nanti, kepada para pedagang Saya minta untuk tidak melakukan penimbunan dalam bentuk apapun, sehingga kestabilan harga bahan pokok dapat terkendali dengan baik,” jelasnya.

Meskipun pandemi covid-19 telah melandai, Riza berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam berbagai kegiatan seperti cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, serta mengikuti vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster.

Berikutnya dia juga menyampaikan peluang Kalteng sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara atau IKN yang sedang dibangun di Kalimantan Timur.

“Kita ketahui bersama bahwa Provinsi Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten
Pasir Grogot ditetapkan sebagai IKN yang mana Kalimantan Tengah merupakan provinsi tetangga yang pasti akan menjadi penopang IKN, oleh karena itu pemerintah tetap melanjutkan program Food Estate di Kalimantan Tengah sebagai penyangga kebutuhan pertanian dalam artian luas,” ungkapnya.

Karena itu Riza mengajak seluruh masyarakat Barito Timur mendukung program Food Estate ini sehingga Kalimantan Tengah mampu menjadi penyangga ekonomi IKN yang akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah.

Kegiatan Safari Ramadan di Kecamatan Awang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Pengurus Masjid Darul Khairat dan sambutan Gubernur Kalteng, tausiyah, pembagian takjil dan buka puasa bersama serta diakhiri dengan salat magrib berjamaah. (KP)

error: Content is protected !!