Berita  

Mengenal Agrowisata Taman Buah Binna Geso di Desa Mareda Kalada Sumba Barat Daya

Keluarga pemilik agrowisata Taman Buah Binna Geso.

TEKIWE.COM, Sumba Barat Daya – Agrowisata Taman Buah Binna Geso belum cukup terkenal sebagai tempat wisata, namun beberapa waktu terakhir tempat wisata yang terletak di RT 05 Desa Mareda Kalada Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat Daya itu, mulai diminati pengunjung.

Memasuki area wisata yang baru seminggu dibuka untuk umum itu, anda akan disuguhi pemandangan berbagai tanaman buah, ada salak, rambutan, sawo, durian dan masih banyak lagi tanaman buah lainnya.

Anda akan merasakan udara yang sangat sejuk saat ingin melepas penat di akhir pekan bersama teman atau keluarga setelah disibukkan dengan pekerjaan selama seminggu. Mata anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alami yang indah dari ketinggian rumah menara yang ada di situ.

Ferdinand, pemilik Taman Buah Binna Geso mengatakan, konsep awal pembuatan agrowisata itu dimulai dari hobi keluarga untuk menata taman di sekeliling rumah dengan membuatkan meja dan tempat duduk yang terbuat dari batu.

Penataan taman itu menarik perhatian warga untuk berswafoto di sana, semakin hari semakin ramai.

Mendapatkan Dukungan dari pengunjung akhirnya keluarga Ferdinand berupaya mengembangkan tempat wisata dengan menambah spot-spot foto.

“Dengan adanya tanaman pohon buah-buahan yang bisa dipetik langsung oleh pengunjung menjadi daya tarik tersendiri. Saat berada di taman buah ini pengunjung akan merasakan seperti berada di kebun pribadi,” ujarnya saat ditemui, Minggu, 6 Februari 2022.

Meski demikian masih banyak yang perlu dibenahi agar taman buah itu semakin menarik dan memanjakan wisatawan.

“Banyak konsep yang kami ingin terapkan di tempat ini tapi kami terkendala biaya, apalagi pada tahun ini akibat cuaca yang kurang mendukung hasil buah-buahan yang jadi sumber pendapatan untuk pendukung pengembangan tempat wisata ini gagal panen,” ungkap Ferdinand.

Menurutnya, mengembangkan agrowisata tersebut membutuhkan modal yang cukup besar karena itu Ferdinand berharap dukungan permodalan maupun kemudahan pengurusan legalitas usaha dari Pemdes Mareda Kalada maupun Pemkab Sumba Barat Daya sebab desa wisata merupakan salah satu program unggulan Bupati Sumba Barat Daya.

“Kami juga berharap pengembangan agrowisata ini bisa menginpirasi anak muda lain untuk berkreasi yang dimulai dari menata halaman rumah,” tandasnya.

Taman Buah Binna Geso pada hari Senin hingga Sabtu dibuka mulai pukul 10.00 hingga pukul 17.00 WITA. Sedangkan pada hari Minggu dibuka mulai pukul 14.00 hingga pukul 17.00 WITA.

Untuk sementara di lokasi tersebut pengunjung hanya dapat memesan minuman dan makanan berupa teh, kopi dan mie instan. Pengunjung juga dapat menghubungi pengelola Taman Buah Binna Geso di nomor HP 0812-4208-3013.

error: Content is protected !!