Berita  

Ketua APSI Barito Timur Jadi Narasumber Peningkatan Kompetensi Guru PAK

Ketua APSI Kabupaten Barito Timur, Jumakir Joutomo saat menyampaikan materi dalam Peningkatan Kompetensi PAK se-Kabupaten Barito Timur

BERITA62, Barito Timur – Ketua Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia atau APSI Kabupaten Barito Timur, Jumakir Joutomo menjadi narasumber Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen atau PAK se-Kabupaten Barito Timur yang digelar oleh Bimas Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Selasa, 14 September 2021.

“Dalam kegiatan tadi saya menyampaikan 2 materi penggunaan aplikasi dalam pembelajaran,” ungkap Jumakir saat diwawancarai usai memberikan pelatihan.

Dia menjelaskan, yang pertama yaitu penggunaan aplikasi dalam pembelajaran berupa penggabungan 2 aplikasi yaitu Google Classroom dan Google Meet, dimana dengan 2 aplikasi tersebut dapat digunakan untuk pembelajaran langsung maupun tidak langsung.

“Dengan Google Classroom guru mampu membuat kelas digital atau online yang mampu menyajikan materi pelajaran, tugas, absensi, rekap absensi, kuis, rekap nilai dan lain-lain. Ini diperlukan jika peserta didik tidak bisa mengikuti secara online sehingga peserta didik tidak terganggu belajarnya meskipun masih dalam masa pandemi covid-19,” jelas pria yang akrab dipanggil Kangjo ini.

Sedangkan Google Meet, terangnya, dipadukan dengan aplikasi Google Classroom, jika suatu sekolah mampu menyelenggarakan pembelajaran online atau daring.

“Kenapa harus aplikasi Google Classroom dan Google Meet? Karena 2 aplikasi ini gratis dan kemampuan online tidak terbatas,” ungkap Jumakir.

Sedangkan yang kedua, yaitu penggabungan Google Meet dan Google Jamboard (Papan tulis digital). Penggunaan gabungan aplikasi ini jika sekolah mampu menyelenggarakan pembelajaran online dan semua siswa juga siap dengan perangkat handphone, sinyal dan lain-lain.

“Dengan penggabungan 2 aplikasi ini guru bisa melaksanakan pembelajaran seolah-olah berhadapan dengan siswa secara langsung, dan siswa juga bisa menulis pada papan digital tersebut meskipun berada di rumah,” jelasnya.

Menurut Jumakir, peserta yang berjumlah 20 orang guru PAK sangat antusias menerima materi tersebut karena merasa sangat bermanfaat dan merupakan hal baru bagi mereka.

“Sebagai tindak lanjut dari pelatihan tadi, saya juga menyiapkan pembinaan gratis berupa Learning Manajemen Sistem atau LMS kepada peserta pelatihan,” ujarnya.

Adapun langkah-langkah penggunaan LMS yaitu:

1. Login Google Chrome.
2. Ketik “kangjo” klik “ENTER”.
3. Pilih www.kangjo.net
4. Pilih LMS
5. Klik “Login Sekarang”
6. Masukan kode USER yang diberikan oleh narasumber (nomor WhatsApp).
7. Masukan PASSWORD yang telah diberikan oleh narasumber (lms2021).
8. Klik “Login Masuk”
9. Pilih materi yang sesuai (contoh SKP)
10. Klik “Baca”
11. Klik “WhatsApp”
12. Selesai

error: Content is protected !!