Valentine, Coklat dan Keinginan yang Tertunda 365 Hari

BERITA62.COM  Ada beberapa versi sejarah perayaan hari valentine atau valentine day yang jatuh setiap tanggal 14 Februari, tapi yang pasti perayaan hari valentine atau juga disebut hari kasih sayang selalu identik dengan cokelat atau bunga yang dihadiahkan kepada pasangan.

Hari ini, hampir di seluruh belahan dunia tua-muda ramai ngungkapin rasa cinta atau sayangnya dengan coklat atau bunga. Berbagai merek coklat pun laris manis di kios-kios hingga supermarket. Bahkan ada penjual yang memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan lebih dengan menaikkan harga jual coklat.

Saya pribadi sampe sekarang nggak menjalani tradisi ini, bukan karena saya salah satu dari penentang perayaan hari valentine. Saya hanya belum punya alasan yang cukup kuat untuk merayakan, lagian tiap hari juga saya selalu ngungkapin rasa sayang kepada pasangan maupun keluarga saya.

“Lha, wong cuma mau ngungkapin kasih sayang kok nunggu setahun baru rayain kayak apa coba,” gitu kira-kira suara yang terngiang dalam batin saya.

“Bilang sayang tiap hari kan lebih keren….”

Kalo orang yang mau kita ungkapin sayang keburu digaet orang lain yang rajin bilang sayang sambil ngasih coklat sebelum 14 Februari kayak apa coba?

Atau lebih buruk lagi kalo keburu dipanggil Tuhan yang Maha Kuasa gimana? Apa nggak nyesal berlipat-lipat? Masa harus nunggu hari valentine baru ngungkapin kasih sayang.

Lalu masalah ngasih coklat. Kasihan kan kalo sang pujaan hati pengen makan coklat harus nunggu setahun. 365 hari nahan rindu makan coklat berat lho (coba tanyain Dilan), itu pun makannya cuma satu hari, di hari valentine.

Kalo alasannya belum punya duit untuk beli coklat sih nggak apa-apa. Lha, kalo jadi pamali beli coklat karna bukan hari valentine kan repot….

Coklat itu baik untuk kesehatan, bukan cuma baik untuk ngungkapin kasih sayang. Kita bisa ngasih coklat kapan saja kepada istri, anak, suami, teman atau pun pacar sebagai hadiah, ucapan terima kasih, tanda sayang dan lain-lain.

Yang pasti nggak tabu makan atau ngasih coklat di luar hari valentine.

Coklat juga nggak ada hubungannya secara langsung dengan kasih sayang atau urusan cinta-mencinta.

Kalo dompetnya lagi ramping nggak usah khawatir masalah cinta – walau belum bisa ngasih coklat, belikan aja dulu gula jawa.

Masih ingat cuplikan lagunya Jamal Mirdad kan?

“…… Kalau cinta sudah melekat, gula jawa rasa coklaaaaat”

_________________

Agustinus Bole Malo (wartawan media online Borneonews.co.id)

error: Content is protected !!