Umum  

Peringati Bulan Bung Karno, DPC PDIP Barito Timur Adakan Penanaman Pohon

Sekretaris DPC PDIP Barito Timur, Mardianto, saat menanam pohon dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno di sekitar Embung Benteng Ringkat Katan, RT 01 Desa Kalamus, Minggu, 16 Juni 2024. (ASR)

BERITA62.COM, Barito Timur – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Timur melakukan penanaman pohon di sekitar Embung Benteng Ringkat Katan, RT 01 Desa Kalamus RT 01 Desa Kalamus, Minggu, 16 Juni 2024. Kegiatan tersebut untuk memperingati Bulan Bung Karno.

Diketahui, bulan Juni dikenal dengan sebutan Bulan Bung Karno. Hal ini karena pada bulan Juni terdapat beberapa peringatan peristiwa penting yang berkaitan dengan Bung Karno alias Ir Soekarno, sosok Proklamator sekaligus Presiden RI pertama.

Bulan Juni memuat tiga tanggal penting terkait Soekarno, yakni tanggal kelahiran Soekarno 6 Juni 1901, tanggal wafat Soekarno 21 Juni 1970 dan tanggal lahirnya Pancasila yang digagas oleh Soekarno 1 Juni 1945.

“Kegiatan hari ini mengingat bulan ini adalah Bulan Bung Karno, wajib bagi kami dari PDIP Barito Timur untuk melakukan kegiatan berkaitan dengan Bulan Bung Karno tersebut, makanya saya sebagai sekretaris DPC PDIP sekaligus anggota fraksi PDIP saya melakukan kegiatan itu (penanaman pohon),” kata Sekretaris DPC PDIP Barito Timur, Mardianto, selepas kegiatan.

Penanaman pohon dipilih karena kerusakan lingkungan yang terus meningkat dan suhu udara yang terus meningkat.

“Mengingat saat ini cuaca gak menentu sehingga kami memiliki pemikiran sebaiknya kita menanam pohon karena pohon ini membantu ekosistem lingkungan kita sekaligus mengurangi pemanasan global,” jelas Mardianto.

Adapun jenis pohon yang ditanam yaitu pohon sengon, jati putih, manggis, kakao dan lengkeng.

“Kalau ini (penanaman pohon) berkelanjutan, suhu udara kita yang panas bisa lebih sejuk karena ada pepohonan yang kita tanam,” ujar Mardianto lagi memberikan alasan.

Dia berharap kegiatan penanaman pohon pada bulan Bung Karno tersebut dapat menginspirasi masyarakat agar tidak membiarkan pohon-pohon habis dibabat dan mengganggu ekosistem serta meningkatkan suhu udara.

“Saya mengajak masyarakat untuk sama-sama menanam pohon dan mereka antusias untuk mendukung kegiatan seperti ini,” lanjut Mardianto.

Pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Barito Timur ini juga menyerap aspirasi dari warga desa setempat salah satunya terkait peningkatan infrastruktur jalan.

“Memang ini momen yang sangat tepat di mana saya bisa bertemu dengan masyarakat, apapun yang menjadi keluhan mereka kami tampung dan akan upayakan, salah satunya adalah jalan,” ucapnya.

Mardiana mengungkapkan, usulan yang disampaikan warga Desa Kalamus yakni agar jalan penghubung antardesa ditingkatkan sehingga memudahkan akses masyarakat.

“Ini kesempatan bagi kami untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah nanti mengupayakan peningkatan jalan yang dimaksud masyarakat,” katanya.

Mardianto juga berharap keterlibatan perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat untuk membantu merapikan jalan agar memudahkan akses masyarakat. (ASR)

error: Content is protected !!