Begini Hasil Polling Calon Bupati Barito Timur di Grup Facebook Barito Timur Membangun

Tangkapan layar infografis polling figur calon Bupati Barito Timur.

BERITA62, Barito Timur – Grup Facebook Barito Timur Membangun mengadakan polling atau jajak pendapat siapa figur yang didukung masyarakat untuk menjadi Bupati Barito Timur periode 2024-2029. Polling itu diadakan selama sepekan dan berakhir pada pukul 17.30 WIB, Selasa, 5 Maret 2024.

Dalam jajak pendapat yang menggunakan pollingkita.com itu, Admin Grup Barito Timur Membangun mengajukan pertanyaan yang berbunyi, “Siapa yang cocok menjadi Bupati Barito Timur periode 2024-2029?.”

Admin pun memasukkan nama 12 figur yang diinformasikan akan berkompetisi dalam Pilkada Serentak 2023 tersebut. Nama-nama dimaksud yaitu H Supriatna, Eskop, Ariantho S Muler, Pancani Gandrung, Riza Rahmadi, M Yamin, Fristio, Set Enus Y Mebas, Munika Mustika Dewi, Wahyu Purnawan, Habib Ismael bin Yahya dan Habib Said Abdul Saleh.

Hingga berakhir, polling itu diikuti oleh 1.025 responden. Adapun hasilnya Ariantho S Muler berada di urutan pertama dengan dukungan 535 suara (52,2 persen), disusul Habib Ismael bin Yahya dengan 169 suara (16,5 persen), Eskop 148 suara (14,4 persen), Riza Rahmadi 48 suara (4,7 persen) dan M Yamin 38 suara (3,7 persen).

Selanjutnya Fristio 22 suara (2,1 persen), Pancani Gandrung 15 suara (1,5 persen), H Supriatna 13 suara (1,3 persen), Set Enus Y Mebas 11 suara (1,1 persen), Wahyu Purnawan 10 suara (1,0 persen), Habib Said Abdul Saleh 9 suara (0,9 persen) dan Munita Mustika Dewi 7 suara (0,7 persen).

Admin Grup Barito Timur Membangun menyebut hasil polling ini belum dapat menjadi gambaran siapa yang akan terpilih menjadi Bupati Barito Timur pada Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan, Rabu 27 November 2024 mendatang.

“Ini belum bisa menjadi gambaran karena ada banyak faktor penentu figur-figur ini untuk terpilih menjadi Bupati Barito Timur nanti, apalagi pendaftaran bakal calon belum dimulai. Tapi paling tidak ini menjadi gambaran figur yang diinginkan masyarakat saat ini untuk diusung menjadi calon Bupati Barito Timur,” ucapnya.

Agus berharap hasil polling ini disikapi dengan bijak pihak-pihak yang berkepentingan terutama figur yang ingin maju sebagai calon Bupati Barito Timur.

“Ini kesempatan bagi yang dukungannya masih rendah untuk mengevaluasi dan mengatur strategi agar lebih dikenal dan didukung masyarakat,” katanya. (ASR)