Mantan Sekda Ir. Eskop, MAP Calonkan Diri Jadi Anggota DPRD Dapil Barito Timur 1

Mantan Sekda Barito Timur periode 2012-2020, Ir. Eskop, MAP mencalonkan diri menjadi Anggota DPRD Dapil Barito Timur 1

BERITA62.COM, Barito Timur – Mantan Sekretaris Daerah atau Sekda Barito Timur periode 2012-2020, Ir. Eskop, MAP, mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Barito Timur dari Partai Gerindra. Dia maju di daerah pemilihan atau Dapil 1 dengan nomor urut 1. Dapil ini mencakup Kecamatan Dusun Timur, Benua Lima dan Kecamatan Patangkep Tutui.

Diketahui sebelum mencapai karier tertinggi sebagai PNS yang pensiun pada golongan IVe, Eskop mulai bekerja sebagai honorer usai tamat kuliah dari Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.

Mantan Sekda Barito Timur periode 2012-2020, Ir. Eskop, MAP mencalonkan diri menjadi Anggota DPRD Dapil Barito Timur 1. Dapil ini meliputi Kecamatan Dusun Timur, Benua Lima dan Kecamatan Patangkep Tutui.

“Tahun 1985 saya menyelesaikan kuliah dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, saat itu sarjana pertanian masih langka jadi saya pulang kampung ke untuk mengabdi sebagai tenaga honorer penyuluh pertanian spesialis di Kabupaten Barito Selatan. Kemudian tahun 1986 saya menjadi Capeg (CPNS) dan tahun 1987 jadi PNS,” tuturnya saat diwawancarai, Kamis, 8 Februari 2024.

Eskop datang dari keluarga sederhana di Desa Balawa yang berjuang keras untuk meraih pendidikan tinggi dan meniti karier dari posisi paling rendah hingga jabatan tertinggi sebagai Sekda, latar belakang ini yang membuat Eskop juga memahami pergumulan masyarakat bawah.

Tahun 1998 dia kemudian beralih dari tenaga fungsional ke struktural, lalu diangkat menjadi kepala kantor penyuluhan pertanian dan peternakan sampai tahun akhir 2002.

“Setelah adanya pemekaran kabupaten menjadi Barito Selatan dan Barito Timur pada tahun 2002, saya pindah ke Barito Timur dan diangkat menjadi kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan,” jelasnya.

Dalam proses nomenklatur dinas tersebut berubah menjadi dinas pertanian, perikanan dan peternakan. Eskop menjabat sebagai kepala dinas di sana hingga 2011 lalu pindah menjadi kepala dinas kehutanan dan perkebunan sampai Desember 2012.

Karena sudah dua kali menjabat sebagai kepala dinas, Eskop memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai Sekda. Selanjutnya dia terpilih menjadi Sekda Barito Timur dan memegang jabatan itu selama 8 tahun hingga pensiun.

“Meski pensiun di usia 60 tahun tapi saya merasa saya masih sehat dan pengalaman ada maka saya tidak boleh menutup diri untuk berbagi ilmu dan pengalaman untuk kebaikan orang banyak,” ujarnya memberikan alasan maju sebagai calon anggota DPRD Barito Timur.

Eskop meminta dukungan masyarakat Barito Timur untuk kemenangan Partai Gerindra pada Pemilu 2024 serta memilih dirinya sebagai calon anggota DPRD Barito Timur agar dapat mengabdikan pengalamannya untuk masyarakat Barito Timur.

“Cara memilih saya yaitu dengan datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada Rabu, 14 Februari 2024, buka surat suara warna hijau, lihat kolom nomor Partai Gerindra dan coblos nomor urut 1 Ir. Eskop, MAP,” terangnya. (Advetorial)