Raran dan Amonius Tuyum Gelar Kampanye Dialogis di Desa Balawa

Calon Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Amonius Tuyum, SAB (lima dari kiri) dan Calon Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur Raran, AMd (enam dari kanan) berfoto bersama usai kampanye dialogis di Desa Balawa, Sabtu, 3 Februari 2024. (Foto: ASR)

BERITA62.COM, Barito Timur – Calon Anggota DPRD Kabupaten Daerah Pemilihan (Dapil) Barito Timur 2 Raran, AMd dan Calon Anggota DPRD Provinsi Dapil Kalimantan Tengah 4 Amonius Tuyum, SAB melaksanakan kampanye dialogis di Desa Balawa, Sabtu, 3 Februari 2024. Kedua calon anggota legislatif (caleg) tersebut maju melalui partai nomor 14, Partai Demokrat.

Kampanye dialogis juga diisi dengan sosialisasi jenis surat suara maupun cara mencoblos calon anggota legislatif (caleg) yang didukung.

Saat diwawancarai usai kampanye, Raran yang menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Barito Timur mengharapkan masyarakat yang berada di Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Awang, Paku, Karusen Janang dan Kecamatan Paju Epat dapat kembali memberikan dukungan suara pada dirinya tanggal 14 Februari nanti sehingga menjadi peraih suara terbanyak seperti pada Pemilu 2019.

“Mudah-mudahan Pemilu kali ini saya bisa mendapatkan suara terbanyak lagi seperti pada 2019. Jadi kita pertahankan sebagai peraih suara terbanyak, dan kawan-kawan di Dapil 1 dan Dapil 3 juga bekerja keras sehingga posisi Partai Demokrat yang saat ini memiliki tiga kursi di DPRD Barito Timur bisa meningkat,” ujarnya.

Pada Pemilu 2024 ini, Partai Demokrat menargetkan perolehan 5 kursi DPRD Barito Timur agar bisa menduduki kursi pimpinan serta dapat mengusung calon bupati sendiri pada Pilkada Serentak yang juga dilaksanakan tahun ini.

“Kalau kita berada di pucuk pimpinan maka banyak aspirasi masyarakat yang bisa kita perjuangkan,” ucapnya pria yang masih menjabat sebagai Anggota DPRD Barito Timur periode 2019-2024 ini.

Raran kemudian menjelaskan, cara memberikan dukungan suara kepada dirinya 14 Februari nanti yaitu dengan membuka surat suara berwarna hijau untuk DPRD kabupaten, kemudian mencari kolom nomor 14 Partai Demokrat dan coblos Caleg nomor urut 1 Raran, AMd.

Sementara itu, Calon Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Amonius Tuyum, SAB mengatakan pada Pemilu 2024, dia satu-satunya dari Partai Demokrat yang mewakili Barito Timur.

“Meskipun dari Bartim yang maju untuk pencalonan sebagai Anggota DPRD Kalteng ada 4 orang namun yang dari Partai Demokrat hanya saya,” terangnya.

Dia menyayangkan jika pada Pemilu nanti warga Barito Timur memilih wakil rakyat di tingkat provinsi yang bukan warga Barito Timur.

“Saya berharap kita dari Barito Timur punya wakil sendiri di DPRD provinsi sehingga mudah untuk memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat Barito Timur,” katanya.

Amonius Tuyum kemudian mengingatkan masyarakat Barito Timur agar cerdas dalam memilih wakilnya di legislatif.

“Di antara kami yang mencalonkan diri ke DPRD provinsi kalau tidak satupun yang mendapatkan suara sebanyak paling 10.000 padahal pemilih di Barito Timur ada 82.000, maka Barito Timur masih tertinggal karena tidak punya wakil secara langsung di DPRD provinsi. Jadi sudah saatnya kita (masyarakat Barito Timur) punya wakil di provinsi,” tegasnya.

Untuk memberikan dukungan suara kepada Tuyum, pemilih tinggal membuka surat suara untuk berwarna biru untuk DPRD provinsi, kemudian mencari kolom nomor 14 Partai Demokrat dan mencoblos Caleg nomor urut 2 Amonius Tuyum, SAB. (Adv)