Bisnis  

Peduli Pengendalian Karhutla, CAA Group Kembali Adakan Bimtek

Bimtek Dalkarhutla di Training Center CAA Group, Desa Lagan Kabupaten Barito Timur, 25-27 Oktober 2023. (Foto: Humas CAA Group)

BERITA62.COM, Barito Timur – PT Ciliandry Anky Abadi (CAA) Group kembali mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) kepada Brigade Dalkarhutla di Training Center CAA Group, Desa Lagan, 25-27 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara CAA Group dengan Manggala Agni Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Wilayah Kalimantan Wilayah Kalimantan IV.

Hendra M selaku General Manager PT Ketapang Subur Lestari (KSL) sekaligus mewakili manajemen CAA GROUP menjelaskan, CAA Group merupakan perusahaan perkebunan sawit yang patuh dan taat terhadap undang-undang maupun hukum yang berlaku di Indonesia serta berperan aktif mendukung program pemerintah dalam hal pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Bimtek Dalkarhutla di Training Center CAA Group, Desa Lagan Kabupaten Barito Timur, 25-27 Oktober 2023. (Foto: Humas CAA Group)

“Salah satunya adalah dengan mengadakan Bimtek bagi Brigade Dalkarhutla PT BKI (Borneo Ketapang Indah) PT KSL (Ketapang Subur Lestari) dan PT HGE (Heroes Green Energy),” ungkapnya saat membuka kegiatan tersebut.

Adapun tujuan Bimtek, lanjut dia, adalah untuk membentuk dan menguatkan kelembagaan, memberi pembekalan pengetahuan dan keterampilan Dalkarhutla serta meningkatkan kapasitas dan kemandirian Brigade Dalkarhutla dalam upaya Dalkarhutla atau upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat lokal.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak terlebih kepada Tim Manggala Agni yang telah memberikan penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas tim bagi Brigade Dalkarhutla CAA Group Region Barito Timur,” tandasnya.

Kepala DaOps Manggala Agni Kalimantan IV Muara Teweh Andreas Ero menyampaikan, kegiatan tersebut selain mempersiapkan personel, juga untuk mempersiapkan Sarpras dan dukungan manajemen Dalkarhutla yang memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemegang izin dan pelaku usaha.

“Bimtek ini juga sebagai langkah nyata keseriusan dan peran aktif manajemen CAA GROUP dalam menanggulangi, mencegah serta sebagai upaya antisipatif terhadap terjadinya Karhutla tidak hanya di dalam wilayah izin konsesi tapi juga menjaga di sekitar konsesi,” terangnya.

Andreas berharap Brigade Dalkarhutla di CAA GROUP dapat diberdayakan dalam upaya pencegahan Karhutla serta meminimalisir dan mendeteksi sedini mungkin indikasi terjadinya Karhutla baik di wilayah Hak Guna Usaha (HGU), di sekitar perusahaan serta menekan angka jumlah areal yang terbakar di wilayah Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Barito Selatan.

Sementara itu dalam paparannya Parlin Naibaho mengatakan, Bimtek ini sebagai salah satu komitmen perusahaan dalam mencegah Karhutla bersama-sama.

“Kegiatan ini juga upaya peningkatan peran berbagai pihak dalam pengendalian kebakaran lahan dan hutan. Melalui pelaksanaan Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesiapsiagaan anggota Brigade Dalkarhutla dalam upaya pengendalian kebakaran lahan dan hutan,” ujarnya.

“Dengan adanya kegiatan ini semua tim terkait dalam tim Dalkarhutla CAA GROUP Region Barito Timur menjadi lebih baik dan lebih bersemangat dalam bekerja untuk mewujudkan industri kelapa sawit yang berkelanjutan serta bebas dari Karhutla,” lanjutnya. (ADV)

error: Content is protected !!