Umum  

Rutan Tamiang Layang Laksanakan Salat Idulfitri Bersama Warga Binaan

Salat Idulfitri di lapangan olahraga Rutan Tamiang Layang, Sabtu, 22 April 2023.

BERITA62.COM, Barito Timur – Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur melaksanakan salat Idulfitri 1444 Hijriyah di lapangan olahraga rutan, Sabtu, 22 April 2023.

Salat Idulfitri itu yang diisi oleh penceramah dari Kantor Kementerian Agama Barito Timur itu diikuti pejabat struktural dan pegawai rutan serta warga binaan pemasyarakatan.

Kepala Rutan Surya Dharma, berharap hari raya Idulfitri tahun ini menjadi momentum untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Mari kita tingkatkan ketakwaan kita, meningkatkan keimanan kita semua baik petugas maupun seluruh warga binaan untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya” ucap Surya.

Diketahui, pada hari yang sama sebanyak 72 orang warga binaan Rutan Tamiang Layang menerima remisi khusus Idulfitri. Penyerahan remisi secara simbolis dilakukan oleh Kepala Rutan kepada 3 warga binaan.

Saat diwawancarai Surya Dharma menerangkan, remisi khusus hari raya Idulfitri adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana beragama Islam yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

Dia menambahkan, di Rutan Tamiang Layang terdapat 108 orang warga binaan beragama Islam. Dari jumlah itu, 72 di antaranya mendapatkan remisi khusus Idulfitri dengan rincian 17 orang mendapatkan remisi 15 hari, 51 orang mendapatkan remisi 30 hari, 3 orang mendapatkan remisi 45 hari dan 1 orang mendapatkan remisi 60 hari.

“Syarat untuk mendapatkan remisi ialah narapidana berkelakuan baik, telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan, tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun 6 bulan terakhir terhitung sebelum tanggal pemberian remisi dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan Rutan,” jelasnya. (ASR)

error: Content is protected !!