Ketua DPRD Barito Timur Hadiri Penyerahan LHP LKPP Pemerintah Pusat

Ketua DPRD Barito Timur Nursulistio bersama Menteri Dalam Negeri Tito Carnavian. (Foto: ASR)

BERITA62.COM, Jakarta– Ketua DPRD Barito Timur Nursulistio, menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Semester II Tahun 2023, di Jakarta Convention Center, Senin, 8 Juli 2024.

“Dalam kegiatan ini kami banyak mendapat arahan dan bimbingan dari Presiden, salah satunya Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari BPK RI terhadap pengelolaan keuangan negara. Karena kita telah diberikan kewenangan, untuk itu harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Nursulistio dalam keterangannya melalui pesan Whatsapp.

Selain itu, Presiden juga berpesan kepada pemerintah daerah agar mengutamakan sebesar-besarnya kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

“Bapak Presiden menegaskan bahwa Opini WTP itu bukan prestasi, tetapi itu adalah opini yang diberikan BPK dan sudah seharusnya memang penyelenggara negara dari pusat hingga daerah menggunakan keuangan negara itu dengan sebaik-baiknya, yang mana setiap tahunnya diaudit dan diperiksa oleh BPK,” lanjut Nursulistio.

Dalam kegiatan itu Presiden Jokowi menekankan kepada seluruh kepala daerah agar menggunakan APBD sebaik-baiknya.

“APBD ini merupakan uang rakyat. Jadi kita harus pergunakan dengan sebaik-baiknya, mengedepankan program-program yang memprioritaskan kepada masyarakat dan tentunya berdampak kepada mereka,” kata Kepala Negara.

Presiden juga meminta kepada setiap daerah untuk terbuka dan transparan terkait pengelolaan keuangan.

“Karena untuk menjadikan Indonesia Emas Tahun 2045, harus menguatkan pondasi keuangan negara kita,” kata Jokowi. (ASR)