Umum

Di Luar Dugaan Festival Nariuk 4 Dihadiri 3.050 Pengunjung

BERITA62.COM, Barito Timur – Desa Pulau Patai di Kabupaten Barito Timur menjadi pusat perhatian pada Minggu, 18 Agustus 2024. Derap langkah 3.050 pengunjung riuh memenuhi area sekitar Lubuk Ulu Padang di desa itu untuk menyaksikan sebuah tradisi tua yang hidup kembali—Festival Nariuk 4.

Festival ini bukan sekadar ajang menangkap ikan. Ia adalah perayaan yang memanggil akar budaya Dayak Maanyan, mengajak seluruh generasi untuk tidak melupakan tradisi leluhur yang kian hari kian rentan ditelan zaman.

Sekretaris Daerah Barito Timur Panahan Moetar dan Kepala Disbudparpora Herawani, disambut dengan tradisi tampung tawar saat akan membuka Festival Nariuk 4 di Desa Pulau Patai, Minggu 18 Agustus 2024. (Foto: AW)

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar, membuka perhelatan akbar ini. Dengan menancapkan Tariuk, tombak tradisional yang menjadi alat utama dalam perburuan ikan, Panahan memberi sinyal dimulainya festival. Diikuti oleh ratusan peserta yang penuh semangat, satu per satu mereka turun ke sungai, memulai ritual yang telah berlangsung turun-temurun.

Panahan Moetar mengatakan masyarakat Barito Timur wajib melestarikan budaya turun temurun dari leluhur, termasuk cara menangkap ikan secara tradisional.

Sekda Barito Timur Panahan Moetar menancapkan Tariuk ke sungai sebagai tanda dimulainya Festival Nariuk 4, Minggu, 18 Agustus 2024. (Foto: AW)

“Kita juga bersyukur atas nama pemerintah daerah karena Festival Nariuk 4 berjalan dengan baik dan terjadi peningkatan jumlah peserta dibanding tahun sebelumnya, menjadi 420 orang pada tahun ini,” ucapnya saat diwawancarai usai festival.

Dengan antusiasme masyarakat tersebut, ke depan Pemkab Barito Timur akan berusaha untuk melengkapi fasilitas di lokasi festival. Pemerintah daerah juga berencana untuk mengusulkan ke pemerintah provinsi dan pusat agar Festival Nariuk menjadi salah satu agenda pariwisata nasional.

Pengunjung Festival Nariuk 4 memadati area Lubuk Ulu Padang Desa Pulau Patai, Minggu, 18 Agustus 2024. (Foto: AW)

“Nariuk memiliki karakter tersendiri, pada saat air surut memasuki musim kemarau baru bisa dilakukan. Kita akan tetap mempertahankan tradisi budaya leluhur kita dengan menjaga kelestarian sumber daya air kita di sini,” tandas Panahan.

Nariuk merupakan kebiasaan masyarakat Dayak dalam menangkap ikan secara tradisional dengan alat berbentuk tombak khusus yang dinamakan Tariuk.

Seorang peserta Festival Nariuk 4 dengan ikan hasil tangkapannya, Minggu, 18 Agustus 2024. (Foto: AW)

Nariuk biasanya dilakukan pada musim kemarau saat air sungai mulai surut. Saat itu para pemburu ikan beramai-ramai masuk ke lubuk atau bagian sungai yang dalam dan menusuk-nusukkan Tariuk ke dasar sungai.

Tariuk yang mengenai ikan ditandai dengan ujung Tariuk yang bergetar dan mengeluarkan bunyi. Pemilik Tariuk kemudian akan menyelam untuk mengambil ikan yang tertancap Tariuk.

Para pemenang hasil tangkapan ikan terberat dalam Festival Nariuk 4 di Desa Pulau Patai, Minggu 18 Agustus 2024. (Foto: AW)

Festival Nariuk 4 juga dihadiri Pj Bupati Barito Timur, Kepala Disbudparpora Barito Timur, Plt Kepala DPMDSos Barito Timur, Camat Dusun Timur, sejumlah anggota DPRD Barito Timur, Ketua Karang Taruna Barito Timur, tokoh adat, para sponsor dan donatur serta undangan lainnya.

Selain digelar menggunakan APBDes Pulau Patai, Festival Nariuk 4 juga didukung oleh sponsor dan donatur, yaitu Adi Mula Nakalelu HA Garoe, Bias Layar, Depe, Ampera AY Mebas, Ariantho S Muler, M Yamin, I Putu Widid Septiawan, Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang dan PT AEP SGM BBE. (BME-1)

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

PKB Barito Timur Gelar Rapat Konsolidasi Pemenangan Pilgub dan Pilbup 2024

BERITA62.COM, Barito Timur — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Barito Timur…

13 jam ago

Rutan Tamiang Layang Ikuti Webinar Personal Branding ASN untuk Tingkatkan Reputasi dan Integritas

BERITA62.COM, Barito Timur – Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, berpartisipasi dalam Webinar…

2 hari ago

Rutan Tamiang Layang Wujudkan Komitmen Bebas Narkoba Lewat Tes Urine Rutin

BERITA62.COM, Barito Timur - Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, terus menunjukkan komitmennya…

2 hari ago

Warga Trans Siong Janjikan Kemenangan 90 Persen untuk Yamin-Adi

BERITA62.COM, Barito Timur - Warga Trans Siong di Desa Siong Kecamatan Paju Epat menjanjikan kemenangan…

2 hari ago

Kontributor Humas Rutan Tamiang Layang Ikuti PR Gathering Humanis Kanwil Kemenkumham Kalteng

BERITA62.COM, Palangka Raya – Kontributor Humas Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, berpartisipasi…

2 hari ago

Humas Rutan Tamiang Layang Ikut PR Gathering Humanis Kanwil Kemenkumham Kalteng

BERITA62.COM, Palangka Raya – Kontributor Humas Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, berpartisipasi…

2 hari ago