Umum

Desa Matabu Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Jalan Sehat

BERITA62.COM, Barito Timur – Lebih dari seribu warga desa, tepatnya 1.250 orang mengikuti acara Jalan Sehat yang digelar Pemerintah Desa Matabu untuk memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Minggu, 18 Agustus 2024.

Tepat pukul 07.00 WIB, Camat Dusun Timur Nina Marissa melepas Jalan Sehat tersebut, para peserta pun mulai bergerak dari Jalan Baruh Rintis. Mereka menyusuri rute yang telah ditentukan, melewati Kantor BKPSDM, depan SLB, Gang Kenanga, Jalan A Yani, dan akhirnya kembali ke titik awal.

Jalan desa yang biasanya tenang itu hari ini dipenuhi dengan anak-anak kecil yang riang, hingga orang dewasa yang tak kalah antusias.

Matabu tak berhenti di sana. Usai jalan sehat, berbagai perlombaan yang khas digelar, mengembalikan semangat permainan rakyat yang telah lama menjadi bagian dari tradisi merayakan kemerdekaan.

Dari tarik tambang yang menuntut kekuatan dan kekompakan, balap karung yang penuh tawa, hingga lomba makan kerupuk yang memancing sorakan dan gelak tawa dari penonton. Tak ketinggalan, lomba lari sambil menggendong istri, yang menjadi puncak kehebohan. Setiap pasangan yang ikut serta tampak berjuang keras, tak hanya untuk mencapai garis finish, tetapi juga untuk menjaga keseimbangan dan tentunya, kehormatan.

Hadiah-hadiah disiapkan panitia untuk para pemenang lomba. Selain itu terdapat doorprize yang diundi berupa paket sembako, kipas angin, mesin cuci, kulkas, dan bahkan sepeda listrik. Harapan mendapatkan hadiah membuat suasana semakin semarak, tetapi yang lebih penting, adalah kebersamaan yang terasa semakin erat di antara warga desa.

Dalam keterangannya, Camat Nina Marissa menyampaikan apresiasi mendalam kepada pemerintah Desa Matabu yang telah sukses menggelar acara tersebut.

Nina mengatakan, jalan sehat dan perlombaan itu bukan sekadar hiburan, tetapi sebuah cara untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan.

“Semoga kegiatan ini dapat menghidupkan semangat nasionalisme di hati kita semua dan membuat kita lebih sehat, lebih kompak, serta lebih dekat satu sama lain,” ucapnya.

Kepala Desa Matabu, Juni Setiawan, menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan hiburan bagi warga, serta mempererat tali silaturahmi yang mungkin sempat renggang akibat kesibukan sehari-hari.

“Semoga ke depannya, desa kita ini tetap kompak dan terus menjaga kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik,” ungkapnya. (BME-1)

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

PKB Barito Timur Gelar Rapat Konsolidasi Pemenangan Pilgub dan Pilbup 2024

BERITA62.COM, Barito Timur — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Barito Timur…

13 jam ago

Rutan Tamiang Layang Ikuti Webinar Personal Branding ASN untuk Tingkatkan Reputasi dan Integritas

BERITA62.COM, Barito Timur – Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, berpartisipasi dalam Webinar…

2 hari ago

Rutan Tamiang Layang Wujudkan Komitmen Bebas Narkoba Lewat Tes Urine Rutin

BERITA62.COM, Barito Timur - Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, terus menunjukkan komitmennya…

2 hari ago

Warga Trans Siong Janjikan Kemenangan 90 Persen untuk Yamin-Adi

BERITA62.COM, Barito Timur - Warga Trans Siong di Desa Siong Kecamatan Paju Epat menjanjikan kemenangan…

2 hari ago

Kontributor Humas Rutan Tamiang Layang Ikuti PR Gathering Humanis Kanwil Kemenkumham Kalteng

BERITA62.COM, Palangka Raya – Kontributor Humas Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, berpartisipasi…

2 hari ago

Humas Rutan Tamiang Layang Ikut PR Gathering Humanis Kanwil Kemenkumham Kalteng

BERITA62.COM, Palangka Raya – Kontributor Humas Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, berpartisipasi…

2 hari ago