Pemerintah

Pemkab Barito Timur Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-22

BERITA62.COM, Barito Timur – Pemkab Barito Timur menggelar upacara Peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Barito Timur, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Tampak hadir Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah, para Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur periode sebelumnya, unsur Forkopimda Barito Timur, pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta, kepala perangkat daerah, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan yang bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan pidato Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran.

“Terlebih dahulu, atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Kalimantan Tengah, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-22 Kabupaten Barito Timur.
Dengan bertambahnya usia, semoga Pemerintah Kabupaten Barito Timur mampu lebih profesional dan berdaya saing dalam membangun Barito Timur yang semakin maju daerahnya dan semakin sejahtera masyarakatnya,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam pidatonya yang dibacakan Pj Bupati Barito Timur.

Sugianto juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pj Bupati beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Barito Timur atas berbagai prestasi dan progres pembangunan yang sudah dicapai.

“Seperti yang telah dilaporkan, Pemerintah Kabupaten Barito Timur berhasil meraih beberapa capaian positif, di antaranya meraih Opini WTP dari BPK RI 7 kali berturut-turut; menurunnya angka Prevalensi Stunting sebesar 5,2 persen, di mana tahun 2022 angka Stunting sebesar 26,9 persen turun menjadi 21,7 persen di tahun 2023,” ungkapnya.

Dalam tiga tahun terakhir
perekonomian Barito Timur tumbuh positif, pada Tahun 2023 di angka 3,47 persen, hal ini didukung pulihnya sektor-sektor perekonomian. Di samping itu, menurunnya tingkat kemiskinan ekstrem ke angka 3.247 jiwa pada periode 2023, merupakan pemulihan yang cepat pasca pandemi.

“Begitu pula mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat 0,52 poin menjadi 74,21 pada Tahun 2023,” kata Sugianto.

Selain itu, Barito Timur sampai saat ini mampu mempertahankan swasembada pangan, dengan peningkatan luas lahan sawah dan ladang pada tahun 2013-2018 yaitu 9.353 hektare, dan pada tahun 2018-2023 mengalami penambahan menjadi 15.310 hektare.

“Mengenai Infrastruktur kelistrikan, hanya tersisa 2 desa
yang belum teraliri listrik yang sementara masih menggunakan
PLTS, ditargetkan agar seluruh wilayah Barito Timur pada tahun 2024 sudah teraliri listrik,” terang Gubernur.

Kemudian, tahun ini, 8 Puskesmas di Barito Timur mendapatkan Akreditasi Nasional dengan predikat tertinggi, yakni Paripurna dan Utama.

“Capaian-capaian dan upaya itu tentu memperlihatkan semangat dan komitmen Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan dan keuangan daerah serta kualitas pelayanan kepada masyarakat yang lebih dan lebih baik lagi,” ucap Sugianto.

Menurutnya, berbagai keberhasilan yang telah dicapai hingga saat ini pastinya juga tidak lepas dari dukungan pemangku kepentingan, baik DPRD dan Forkopimda, para tokoh pendiri dan pendahulu, bupati dan wakil bupati sebelumnya, akademisi, dunia usaha, insan pers maupun seluruh elemen masyarakat.

“Kerja sama seluruh stakeholders dan elemen masyarakat harus terus dibangun, karena menjadi kunci untuk menghadapi berbagai tantangan, mulai dari era yang semakin kompetitif akibat laju globalisasi dan digitalisasi, perubahan iklim, ancaman
krisis pangan, IKN, hingga bonus demografi,” tegas Sugianto.

Gubernur Kalteng mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan sebesar-besarnya atas jasa, dedikasi dan kontribusi semua pemangku kepentingan terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Barito Timur.

“Banyak hal yang memang sudah dicapai dan dirasakan manfaatnya, tetapi ruang-ruang evaluasi, perbaikan dan juga inovasi harus terus dimunculkan, karena tentu masih banyak target dan PR (pekerjaan rumah) serta tantangan yang perlu diselesaikan dan diantisipasi, agar kualitas pembangunan dan pelayanan publik dapat terus kita tingkatkan,” pesannya. (AW)

admin

Recent Posts

PKB Barito Timur Gelar Rapat Konsolidasi Pemenangan Pilgub dan Pilbup 2024

BERITA62.COM, Barito Timur — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Barito Timur…

15 jam ago

Rutan Tamiang Layang Ikuti Webinar Personal Branding ASN untuk Tingkatkan Reputasi dan Integritas

BERITA62.COM, Barito Timur – Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, berpartisipasi dalam Webinar…

2 hari ago

Rutan Tamiang Layang Wujudkan Komitmen Bebas Narkoba Lewat Tes Urine Rutin

BERITA62.COM, Barito Timur - Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, terus menunjukkan komitmennya…

2 hari ago

Warga Trans Siong Janjikan Kemenangan 90 Persen untuk Yamin-Adi

BERITA62.COM, Barito Timur - Warga Trans Siong di Desa Siong Kecamatan Paju Epat menjanjikan kemenangan…

2 hari ago

Kontributor Humas Rutan Tamiang Layang Ikuti PR Gathering Humanis Kanwil Kemenkumham Kalteng

BERITA62.COM, Palangka Raya – Kontributor Humas Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, berpartisipasi…

2 hari ago

Humas Rutan Tamiang Layang Ikut PR Gathering Humanis Kanwil Kemenkumham Kalteng

BERITA62.COM, Palangka Raya – Kontributor Humas Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, berpartisipasi…

3 hari ago