Pemkab Barito Timur Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Penandatanganan kerja sama antar lembaga dan kemitraan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana dan pascabencana, di Ruang Rapat Bupati Barito Timur, Kamis, 25 Juli 2024. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur menggelar penandatanganan kerja sama antar lembaga dan kemitraan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana dan pascabencana di Ruang Rapat Bupati Barito Timur, Kamis, 25 Juli 2024.

Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan dalam sambutannya pada kegiatan tersebut menegaskan pentingnya kesiapsiagaan semua pihak dalam menghadapi bencana.

Dia menyebut kegiatan yang diadakan di Ruang Rapat Bupati Barito Timur itu adalah demi memastikan semua pihak tidak panik saat bencana terjadi.

“Kita harus memiliki rencana yang matang, mengetahui siapa yang harus dimintai tolong dan siapa yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Kepala Daerah menambahkan, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan pemahaman dalam penanganan kebencanaan.

“Dengan adanya kerjasama ini, ketika bencana terjadi, tidak ada perbedaan antara swasta, perusahaan, instansi dan wilayah. Semua pihak harus berkontribusi,” terangnya.

Indra Gunawan mengharapkan sinergi dalam penanganan bencana di wilayah yang luas di Barito Timur sehingga jika terjadi kebakaran di lokasi yang jauh dari pemadam kebakaran, bantuan dari perusahaan dan lembaga lain yang memiliki peralatan dan sarana prasarana sangat diperlukan.

Pada kesempatan itu, Pemkab Barito Timur juga memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berperan aktif dalam penanganan kebencanaan.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka yang telah membantu masyarakat. Kami berharap perusahaan lainnya juga ikut berpartisipasi,” jelas Pj Bupati. (ASR)

error: Content is protected !!