Umum  

Relawan dari 3 Kecamatan di Barito Timur Adakan Silaturahmi dan Peningkatan Skill RAR

Silaturahmi relawan dan pelatihan Road Accident Rescue (RAR) di RT 10 Kelurahan Ampah Kota, Rabu, 24 Juli 2024. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Relawan emergency dan sosial kemasyarakatan dari Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Kecamatan Raren Batuah di Kabupaten Barito Timur mengadakan silaturahmi serta pelatihan Road Accident Rescue (RAR), bertempat di RT 10 Kelurahan Ampah Kota, Rabu, 24 Juli 2024.

Pelatihan RAR diisi oleh instruktur Gatot Johan Elyanto, Kepala Emergency Rescue Team PT SAGO Kalimantan Utara.

Diketahui, RAR atau Road Accident Rescue merupakan upaya penyelamatan yang dilakukan setelah kecelakaan jalan raya untuk menyelamatkan korban dan mengatasi situasi darurat.

RAR melibatkan tindakan penyelamatan yang cepat dan terkoordinasi untuk membantu korban yang terjebak di dalam kendaraan yang rusak atau terguling akibat kecelakaan lalu lintas.

Acara itu juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab terkait materi pelatihan yang diberikan oleh instruktur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar sesama relawan serta menyamakan persepsi penanganan kecelakaan lalu lintas, kebakaran lahan maupun pemukiman dan kegiatan penyelamatan (rescue) terkoordinasi dan komunikasi satu arah serta penetapan zonasi untuk ketepatan informasi,” jelas Ketua BPK Samuja H Imamul Ahyar, yang membiayai sepenuhnya acara itu.

“Ada 19 komunitas relawan yang terlibat dalam kegiatan ini,” lanjutnya.

Komunitas relawan yang dimaksud yaitu Relawan Desa Rodok, Redkar Desa Rodok, Alwaja, RGB, RGK, Rela, RST, Plat, Komsar, PMK Pahlawan, RKBB, RPK, Damkar Pemda, Peru, PMK Al Nuur, Relawan Bantai Karau, Redkar Desa Ampah II, Relawan Al Muawanah dan Dara Barapun. (ASR)

error: Content is protected !!