Dinas Peternakan Barito Timur Targetkan Suntik Vaksin Rabies 12.000 Hewan Peliharaan

Dinas Perikanan dan Peternakan saat melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan masyarakat Barito Timur tahun 2024. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur (Diskanak) Kabupaten Barito Timur menargetkan penyuntikan vaksin rabies terhadap 12.000 hewan peliharaan pada tahun 2024.

“Untuk itu kami telah mengucapkan 6.000 dosis vaksin rabies yang akan digunakan,” kata Kepala Diskanak Barito Timur, Abianhin, Rabu, 24 Juli 2024.

Vaksinasi tersebut telah dimulai sejak 1 Juli, dan akan berakhir pada bulan September mendatang.

“Hingga hari ini, sebanyak 2.380 dosis vaksin sudah disuntikkan oleh petugas yang langsung terjun secara door to door ke tiap-tiap rumah warga di wilayah Kecamatan Pematang Karau, Dusun Tengah, Raren Batuah, Dusun Timur, Benua Lima dan Patangkep Tutui,” ungkap Abianhin didampingi Kabid Peternakan Ratna Widyasari.

Berikutnya vaksinasi rabies dilanjutkan ke Kecamatan Paju Epat, Karusen Janang, Paku dan Kecamatan Awang.

Abianhin mengungkapkan, pada tahun 2023 lalu di Barito Timur terdapat 12 kasus gigitan anjing, 9 diantaranya dinyatakan positif rabies.

“Sedangkan pada tahun 2024 ini, baru terdapat 1 kasus gigitan anjing di wilayah Kecamatan Dusun Timur yang dinyatakan positif rabies,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Abianhin meminta kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan anjing supaya pada saat petugas datang untuk melakukan vaksinasi dapat menerima dengan baik, dan menyiapkan hewannya.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk turut berperan aktif jika ada kasus-kasus lain dan peristiwa gigitan anjing agar kiranya dapat melaporkan secara langsung kepada petugas sehingga nantinya dapat mengambil tindakan dan pencegahan lebih cepat,” pesannya. (AW)

error: Content is protected !!