Pengurus APDESI Barito Timur Periode 2023-2028 Dilantik dan Dikukuhkan

Ketua DPD APDESI Kalteng Seger Satria, saat melantik Pengurus APDESI Barito Timur periode 2023-2028 di GPU Mantawara Tamiang Layang, Senin, 22 Juli 2024. (AM)

BERITA62.COM, Barito Timur – Pengurus DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Barito Timur periode 2023-2028 dilantik dan dikukuhkan, Senin, 22 Juli 2024. Pelantikan dilakukan oleh Ketua DPD APDESI Kalteng Seger Satria, sedangkan pengukuhan dilakukan oleh Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan.

Adapun susunan pengurus yang dilantik dan dikukuhkan yaitu, Ketua Jaro L Tuah, Wakil Ketua 1 H Alfiansyah, Wakil Ketua 2 Frans Singal, Wakil Ketua 3 Krisnayadi, Sekretaris Leonardus, Wakil Sekretaris Seno Hartono, Bendahara Risa Ramayati dan Wakil Bendahara Dewi Nirmalasari.

Dalam sambutannya usai dilantik dan dikukuhkan, Ketua APDESI Barito Timur Jaro L Tuah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua APDESI Kalteng dan Pj Bupati Barito Timur yang telah melantik dan mengukuhkan Pengurus APDESI Barito Timur periode 2023-2028.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala desa se-Barito Timur atas kebersamaan dan partisipasi dalam membantu kegiatan pelantikan dan pengukuhan ini dari segi biaya maupun dalam mempersiapkan berbagai hal untuk pelaksanaan kegiatan,” lanjutnya.

Jaro menjelaskan, APDESI merupakan organisasi profesi yang beranggotakan para kepala desa dan perangkat desa, baik yang aktif maupun yang purna bakti.

“APDESI dibentuk dalam rangka mengatur penyelenggaraan pemerintahan desa secara umum dan bertahap, khususnya dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa, pemberdayaan masyarakat dan pelaksanaan pelayanan publik bagi masyarakat di desa, sehingga masyarakat bisa lebih maju, sejahtera dan desa-desa menjadi desa mandiri,” katanya.

APDESI juga berperan sebagai media untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi antara kepala desa dengan pemerintah daerah dalam sumbangsih pemikiran, ide maupun gagasan serta inovasi dalam rangka pelaksanaan pembangunan di desa secara menyeluruh dan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat sehingga mampu untuk kesejahteraan masyarakat pedesaan.

“Sebagai organisasi yang sehat, kita harus responsif, kredibel dan inovatif sesuai perkembangan situasi dan kondisi yang sangat dinamis di masa yang akan datang. Kita harus mampu bersinergi dengan semua pihak, untuk turut memastikan pembangunan di desa berjalan dengan sebagaimana mestinya,” ujar Jaro.

Ketua APDESI juga mengatakan perbaikan pandangan tentang keberadaan desa harus mulai dilakukan. Desa tidak hanya sebagai objek atas kebijakan pemerintah namun desa juga harus memberi masukan dan saran kepada pengambil keputusan agar tersampaikan kebutuhan desa yang terkini sehingga menciptakan hubungan yang sehat antar unsur terkait.

“APDESI juga dapat menyamakan persepsi dalam keberagaman pandangan di tingkat desa yang mungkin menjadi pertimbangan oleh pengambil keputusan,” imbuhnya.

Kegiatan pelantikan dan pengukuhan Pengurus APDESI Barito Timur juga dihadiri oleh Perwakilan Polres Barito Timur, Pengurus APDESI Barito Selatan, Pengurus APDESI Barito Utara, Kepala DPMDSos, Kepala Bapenda, para camat serta kepala desa se-Barito Timur. (AM)

error: Content is protected !!