Kades Tewah Pupuh Harap PKK Desa Praktekkan Hasil Pelatihan Pembuatan Abon dari Ikan

Pelatihan pengolahan hasil perikanan berbahan dasar ikan lokal, di Balai Desa Tewah Pupuh, Jumat, 19 Juli 2024. (Foto: AW)

BERITA62.COM, Barito Timur – Kepala Desa Tewah Pupuh Kabupaten Barito Timur, Ardianto, berharap ibu-ibu PKK di desa yang dipimpinnya dapat mempraktekkan cara membuat abon dari ikan setelah mengikuti pelatihan.

Diketahui, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Barito Timur bekerja sama dengan TP-PKK Barito Timur, mengadakan pelatihan pengolahan hasil perikanan berbahan dasar ikan lokal yang diikuti oleh pengurus PKK kecamatan se-Barito Timur dan pengurus PKK Desa Tewah Pupuh di Balai Desa Tewah Pupuh, Jumat, 19 Juli 2024.

“Saya berharap nanti setelah pelatihan warga Desa Tewah Pupuh khususnya ibu-ibu PKK bisa mempraktekkan. Sekalipun hari ini bahan baku yang digunakan adalah ikan patin, mereka dapat memodifikasi nanti untuk membuat abon dari ikan gabus maupun ikan lele,” ujar Ardianto yang menghadiri langsung pelatihan tersebut.

Dia juga mengapresiasi pelatihan yang diadakan oleh Diskanak dan PKK Barito Timur karena selaras dengan program yang ada di desa.

“Ini sangat bagus sekali kebetulan di desa kami ada budidaya ikan keramba sehingga ini akan mendukung program yang ada di desa,” ujar Kades Tewah Pupuh.

Kepala Diskanak Barito Timur menjelaskan, pelatihan itu diikuti ibu-ibu PKK kabupaten, perwakilan PKK seluruh kecamatan yang ada di Barito Timur dan PKK Desa Tewah Pupuh.

“Tujuan utama kita sebenarnya untuk meningkatkan keterampilan secara khususnya ibu-ibu PKK. Kami berharap melalui kegiatan ini nanti ibu-ibu PKK bisa mengolah hasil perikanan lokal untuk untuk makanan yang bervariasi terutama dengan menyesuaikan selera anak-anak,” katanya.

Pelatihan pembuatan abon dari ikan patin dengan instruktur Hewu Rama dan Pardiono dari Diskanak Barito Timur itu juga dihadiri Pj Ketua TP-PKK Barito Timur Melly Novita dan Kabid Perikanan Diskanak Barito Timur Noveta Wijayanti. (AW)