50 Anak di Kecamatan Dusun Tengah Berisiko Stunting

Pemberian makanan tambahan kepada balita dan ibu hamil di Desa Sumber Garunggung Kabupaten Barito Timur, Jumat, 5 Juli 2024. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Dari 2.445 anak yang ada di Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, 50 di antaranya berisiko stunting.

Hal tersebut terungkap dalam sambutan Pj Ketua TP-PKK Barito Timur Melly Novita yang dibacakan Ketua IV TP-PKK Vira Florida, dalam kegiatan pemberian makanan tambahan kepada balita dan ibu hamil di Desa Sumber Garunggung, Jumat, 5 Juli 2024.

“Sementara di Desa Sumber Garunggung sendiri terdapat 98 balita, dengan 3 balita di antaranya berisiko stunting,” ujarnya.

Selain itu, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia tahun 2023, data prevalensi stunting Barito Timur sebesar 22,8 persen.

“Pada tahun 2024 ini kita memiliki target prevalensi stunting Barito Timur turun menjadi 18 persen,” kata Melly Novita.

Karena itu pemberian makanan tambahan tersebut merupakan upaya percepatan penurunan stunting di Barito Timur.

“Tujuannya untuk meningkatkan status gizi dan mencukupi kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak tersebut,” ujar Pj Ketua TP-PKK.

Melly menambahkan, program ini tidak hanya memberikan makanan tambahan, tetapi juga memberikan pendampingan dan edukasi kepada ibu tentang pentingnya pola makan seimbang dan gizi yang baik untuk pertumbuhan anak.

Dia menegaskan, pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah satu program yang diutamakan dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK.

PKK berperan dalam penanganan dan pencegahan stunting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dengan peran kader melalui pengembangan/pengorganisasian masyarakat seperti melakukan kunjungan ke rumah, mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dan penguatan pengelolaan posyandu, serta mengembangkan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang mendukung Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

“Dengan adanya sinergi antar instansi dan perhatian penuh ibu-ibu yang memiliki anak balita untuk melakukan pemantauan secara berkala terhadap pertumbuhan anak-anaknya, maka akan mencapai hasil yang positif untuk menurunkan angka stunting di Barito Timur,” kata Melly Novita.

Pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil di Desa Sumber Garunggung juga dihadiri Camat dan Ketua TP-PKK Kecamatan Dusun Tengah, Kepala Puskesmas Ampah, Kepala Desa Sumber Garunggung dan undangan lainnya. (ASR)

error: Content is protected !!