Wakil Ketua I DPRD Minta Dinas PUPR Segera Perbaiki Jalan Longsor di Desa Turan Amis

Badan jalan yang longsor dan berlubang di Desa Turun Amis Kabupaten Barito Timur. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler meminta pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Perkim agar mengatasi jalan berlubang akibat longsor yang dikeluhkan warga Desa Turan Amis di Kecamatan Raren Batuah.

“Saya baru menerima keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan di Desa Turan Amis. Ini jalan desa yang menghubungkan pemukiman di sana, sehingga kami dewan memohon kepada Dinas PUPR Perkim bisa menangani secara cepat,” kata Ariantho, Rabu, 3 Juli 2024.

Agar lebih cepat, Dia menyarankan penanganan jalan tersebut dilakukan dengan dana pemeliharaan rutin. Apabila diperlukan juga bisa diusulkan dalam pembahasan APBD perubahan tahun 2024.

“Sifatnya sangat vital dan emergency, sehingga untuk menghindari akses masyarakat terputus dan hal lain yang tidak diinginkan terjadi bisa segera ditangani,” lanjut Ariantho.

Kepala Desa Turan Amis Leonardus menjelaskan, badan jalan pada salah satu ujung jembatan di RT 04 longsor dengan diameter lubang sekitar setengah meter sehingga membahayakan warga yang melintas terutama saat malam hari.

Jalan tersebut sehari-hari ramai dilintasi warga karena terdapat langgar dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di sana.

“Kalau jembatannya sendiri dibangun sekitar tahun 1985 saat program transformasi di sini, jadi sudah cukup tua,” ujarnya.

Selain di ujung jembatan itu, terdapat jalan kabupaten di RT 02 yang juga longsor pada salah satu sisi badan jalan.

“Karena itu kami berharap pemerintah daerah dapat segera melakukan perbaikan sebelum menimbulkan korban,” pinta Kades Turan Amis. (ASR)

error: Content is protected !!