Umum  

Sanggar Komandan Pukau Penonton pada Gelar Karya Gemerincing Galang

Para penari, panitia dan Tim Galeri Indonesia Kaya berfoto bersama usai Gelar Karya Gemerincing Galang di Lewu Hante Kelurahan Taniran Kabupaten Barito Timur, Selasa, 12 Maret 2024. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Sanggar Komandan berhasil memukau sekitar 500 penonton saat menggelar karya tari Gemerincing Galang dalam pertunjukan Harmoni Gerak Tradisi di Lewu Hante Kelurahan Taniran Kabupaten Barito Timur, Selasa, 12 Maret 2024.

Pertunjukan yang luar biasa itu merupakan program Kado untuk Sanggar 1 Dekade Galeri Indonesia Kaya. Penari Sanggar Komandan menampilkan beberapa karya yang dipersiapkan khusus serta juga menampilkan tokoh ritual wadian bawo dan wadian dadas sebagai akar dari pengembangan seni yang ditampilkan.

Meski sejak acara dimulai kawasan Lewu Hante diguyur hujan gerimis namun tidak menyurutkan keinginan penonton untuk bertahan selama 2 jam menyaksikan penampilan apik puluhan penari binaan Sanggar Komandan yang bermarkas di Kelurahan Tamiang Layang.

Penampilan apik penari Sanggar Komandan pada Gelar Karya Gemerincing Galang. (Foto: IST)

“Saya mewakili seluruh teman-teman anggota dan pengurus Sanggar Komandan mengucapkan terima kasih banyak kepada Tim Galeri Indonesia Kaya dan Bakti Budaya Djarum Foundation serta seluruh kerabat, pegiat pecinta seni budaya Barito Timur khususnya Dayak Maanyan yang telah hadir serta mendukung kesuksesan acara ini dengan luar biasa,” ucap Kareografer Tari, Putri Wunge Ngindra, usai acara berlangsung.

Dia berharap persembahan dari Sanggar Komandan itu menjadi inspirasi serta semangat bagi pegiat seni dan budaya lainnya.

Sementara itu Pimpinan Sanggar Komandan sekaligus Pimpinan Produksi Karya Tari Gemerincing Galang, Alfirdaus menjelaskan, gelar karya tersebut diadakan karena keberhasilan Sanggar Komandan sebagai satu-satunya sanggar dari Kalimantan yang lolos hingga 10 besar dalam program Galeri Indonesia Kaya Djarum Foundation.

Galeri Indonesia Kaya merupakan program apresiasi karya bagi para pelaku seni se-Indonesia. Dalam program itu Sanggar Komandan mengikuti tahap seleksi dari pengajuan proposal, kemudian masuk finalis 100 besar dan terus melaju ke 50 besar, 20 besar dan akhirnya masuk sebagai finalis terpilih 10 besar se-Indonesia.

Dalam gelar Gemerincing Galang ini Sanggar Komandan tetap didukung penuh oleh Djarum Foundation melalui program Galeri Indonesia Kaya.

“Pencapaian dan gelar karya Gemerincing Galang ini persembahkan bagi daerah yang sangat kami cintai yaitu Kabupaten Barito Timur,” ucap Alfirdaus. (ASR)

error: Content is protected !!