6 Pelajar SMA Sederajat di Tamiang Layang Terpilih Jadi Duta Pajak

Penganugerahan gelar Duta Pajak di SMA Negeri 1 Tamiang Layang. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Setelah melewati berbagai rangkaian seleksi, 6 pelajar di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur terpilih sebagai Duta Pajak. Pelajar dimaksud yaitu Meika Della Sidabutar dari SMA Negeri 1 Tamiang Layang, Shintani Maharati dari SMA Negeri 1 Tamiang Layang, Nadya Emanuella Christy dari SMA Negeri 1 Tamiang Layang, Catherine Novarini Boengai dari SMA Negeri 1 Tamiang Layang, Nila Farah Etrino dari SMA Negeri 1 Tamiang Layang dan Tamia Hawi Andreyani dari SMK Negeri 2 Tamiang Layang.

Penganugerahan gelar Duta Pajak dengan pemasangan selempang dan penyerahan sertifikat dilakukan Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan atau KP2KP Tamiang Layang Fakhri Ahadi, dengan mendatangi langsung sekolah tempat Duta Pajak tersebut menuntut ilmu, Senin, 26 Februari 2024.

Dalam keterangannya, Fakhri Ahadi menjelaskan, Duta Pajak merupakan perwakilan siswa SMA sederajat yang terpilih untuk mempromosikan kesadaran dan kepatuhan perpajakan kepada masyarakat.

Penganugerahan gelar Duta Pajak di SMK Negeri 2 Tamiang Layang. (Foto: Ist)

“Duta Pajak berperan untuk mengedukasi masyarakat dalam menjalankan kewajiban perpajakannya dengan baik serta meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kontribusi pajak dalam pembangunan negara,” terangnya.

Dengan adanya duta pajak dari kalangan siswa SMA sederajat diharapkan mampu mempersiapkan generasi muda yang paham dan taat akan pajak.

Fakhri mengungkapkan, Duta Pajak di wilayah DAS Barito bukan merupakan hal yang baru. Kabupaten Barito Selatan melalui KP2KP Buntok telah mengadakan pemilihan Duta Pajak Buntok sejak tahun 2016.

Namun mulai tahun 2024 ini cakupan penyelenggaraannya diperluas dengan pemilihan duta pajak dari tiga kabupaten lain Duta Pajak Tamiang Layang, Duta Pajak Muara Teweh dan Duta Pajak Puruk Cahu.

“Selanjutnya dari enam Duta Pajak Tamiang Layang yang terpilih, tiga diantaranya akan ditunjuk untuk berkompetisi pada acara puncak Festival Keuangan Barito yang akan diselenggarakan oleh KPP Pratama Muara Teweh pada 2 Maret 2024,” katanya.

Dalam festival nanti, lanjut Fakhri, Duta Pajak akan berkompetisi menunjukkan bakat dan monolog berhadapan dengan Duta Pajak dari tiga kabupaten lain untuk memperebutkan gelar Duta Pajak terbaik DAS Barito tahun 2024.

Dia menjelaskan, Festival Keuangan Barito sendiri merupakan program kegiatan yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Muara Teweh dan merupakan bentuk transformasi dari Festival Keuangan Buntok yang diselenggarakan pada tahun 2023 oleh KP2KP Buntok.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi akan pentingnya generasi sadar pajak, instrumen keuangan negara serta wawasan kebangsaan sejak dini,” tandasnya. (ASR)