Umum  

Karang Taruna Barito Timur Inisiasi Bakti Sosial di Tugu Simpang Tiga Murutuwu

Bakti sosial pembersihan dan pengecatan tugu di Simpang Tiga Desa Murutuwu Kecamatan Paju Epat, Jumat, 26 Januari 2024. (Foto: Ariwaratanu)

BERITA62.COM, Barito Timur – Karang Taruna Kabupaten Barito Timur menginisiasi bakti sosial pembersihan dan pengecatan tugu di Simpang Tiga Desa Murutuwu Kecamatan Paju Epat, Jumat, 26 Januari 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 wib hingga 16.00 WIB itu dipimpin langsung oleh Ketua Karang Taruna Barito Timur Ariwaratanu dan melibatkan pemerintah kecamatan, karang taruna se-Kecamatan Paju Epat dan pemerintah desa sekitarnya. Kegiatan itu menggunakan anggaran swadaya Pengurus Karang Taruna Barito Timur.

Kepada Berita62.com Ketua Karang Taruna Barito Timur Ariwaratanu mengatakan, sebagai organisasi sosial kepemudaan, karang taruna harus dapat menanamkan kepada pemuda jiwa kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat. Menurut dia, para pemuda harus menjadi garda terdepan dalam memotivasi masyarakat agar saling peduli terhadap sesama dan lingkungan.

“Para pemuda yang tergabung dalam organisasi karang taruna ini bersama dengan pemerintah kecamatan dan Pemdes terus berupaya melakukan langkah konkret untuk menerapkan jiwa kepedulian sosial salah satunya dengan melaksanakan bakti sosial pembersihan sekitar tugu, mengecat ulang dinding-dinding tugu yang catnya sudah mulai kusam dan pemasangan papan plang penunjuk arah jalan,” terangnya.

“Tujuan dari kegiatan bersih-bersih lingkungan ini, tiada lain untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih , apa lagi tugu ini kan titik nolnya Kecamatan Paju Epat,” lanjut Ariwaratanu.

Dia kemudian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Paju Epat, Kepala Desa Murutuwu, Kepala Desa Siong, Kepala Desa Balawa, pengurus dan anggota karang taruna kecamatan dan desa serta masyarakat sekitar yang telah membantu pada bakti sosial tersebut.

Ariwaratanu mengimbau masyarakat yang singgah di tugu itu supaya tetap menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan tugu.

“Jangan dicoret-coret dinding tugunya. Karang taruna bisa membantu membuat membuat plang imbauan di sana atau menyediakan bak pembuangan sampah kering dan basah. Minta diingatkan juga untuk pedagang yang sering berjualan disitu, supaya membantu memelihara kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan,” tegasnya.

Dia berjanji akan berkoordinasi dengan camat dan para kades terkait pemeliharaan tugu tersebut, karena ada beberapa catatan yang akan disampaikannya terkait Tugu Simpang Tiga Murutuwu itu. (ASR).

Penulis: Arya Suta Ranggastara