Umum  

Pemdes Tangkan Gelar Musyawarah Pembentukan Pengurus Karang Taruna

Timur menggelar musyawarah pembentukan Pengurus Karang Taruna Waringin Tungal masa bakti 2024-2029 dan pembahasan program kerja karang taruna, Kamis, 25 Januari 2024. (Foto: Ariwaratanu)

BERITA62.COM, Barito Timur – Pemerintah Desa Tangkan Kabupaten Barito Timur menggelar musyawarah pembentukan Pengurus Karang Taruna Waringin Tungal masa bakti 2024-2029 dan pembahasan program kerja karang taruna, Kamis, 25 Januari 2024.

Turut hadir Ketua Karang Taruna Barito Timur, perwakilan pemerintah Kecamatan Awang, Ketua BPD Tangkan beserta anggota, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Desa Tangkan Hepi Susani berharap dengan terbentuknya pengurus karang taruna di desa yang dipimpinnya, akan menjadi semangat baru bagi karang taruna setelah sekian lama tidak aktif.

Hepi meminta agar Karang Taruna Waringin Tungal dapat bersinergi bersama dengan Pemerintah Desa, BPD dan masyarakat dalam mengambil peran membangun desa.

“Kami dari pemerintah desa siap mendukung program-program para pemuda dan memfasilitasi keinginan mereka demi kemajuan desa kita tercinta ini,” ucapnya.

Menurut Hepi ke depan anggota Karang Taruna Waringin Tungal dapat terlibat dalam berbagai program desa maupun program karang taruna itu sendiri seperti kegiatan sosial pemuda dan masyarakat, gotong royong, pengembangan olahraga, seni, budaya serta peningkatan Kualitas sumber daya pemuda.

“Nanti untuk karang taruna di Desa Tangkan akan kita susun untuk pelaksanaan Bimtek atau orientasi pengurus dan anggota supaya lebih mengenal dan memahami tugas dan fungsi karang taruna,” tandasnya.

Deni B Karunia yang terpilih sebagai Ketua Karang Taruna Waringin Tungal melalui proses pemungutan suara, mengucapkan terima atas kepercayaan semua pihak kepada dirinya. Dia juga menyampaikan komitmennya membantu dan mendukung program-program Pemdes Tangkan.

“Saya berharap ada masukan dan arahan dari pengurus karang taruna kabupaten dan pemdes, mungkin salah satu cara membuat pemuda tertarik aktif di organisasi ini dengan menghidupkan kembali olahraga seperti bola voli dan sepakbola,” kata Deni.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Barito Timur Ariwaratanu mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemdes Tangkan yang telah menginisiasi pembentukan Pengurus Karang Taruna Waringin Tungal.

“Terima kasih Bu Kades. Mudah-mudahan melalui pemuda-pemudi kita ini nanti dapat terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda warga karang taruna dalam mencegah dan menanggulangi berbagai masalah sosial,” ucapnya.

Ariwaratanu mengatakan, pembentukan pengurus karang taruna, akan membangun jiwa dan semangat kejuangan generasi muda warga Karang Taruna yang terampil dan berkepribadian serta berpengetahuan.

Dia juga berharap Karang Taruna Waringin Tungal dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan salah satu fungsinya sebagai organisasi sosial yaitu membantu pemerintah desa mengatasi masalah kesejahteraan sosial masyarakat.

“Terakhir saya ingin sampaikan kepada pengurus yang terpilih, komunikasi adalah jembatan terbaik dalam menjalin silaturahmi. Jadi sering-seringlah koordinasi dan konsultasi dengan pemdes secara khususnya dengan Kades Tangkan selaku Pembina Karang Taruna Waringin Tungal,” pesan Ariwaratanu. (ASR)