Pemdes Turan Amis Barito Timur Adakan Pelatihan untuk Karang Taruna

Pelatihan untuk pengurus maupun anggota Karang Taruna Bina Muda Turan Amis, Kamis, 11 Januari 2024. (Foto: Ariwaratanu)

BERITA62.COM, Barito Timur – Pemerintah Desa Turan Amis Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur mengadakan pelatihan untuk pengurus maupun anggota Karang Taruna Bina Muda Turan Amis, Kamis, 11 Januari 2024.

Pelatihan yang dimulai pukul 14.00 WIB itu diikuti oleh 30 orang pengurus dan anggota Karang Taruna. Materi pelatihan berupa penguatan peran Karang Taruna dalam pembangunan desa, sosial, olahraga serta pengembangan kewirausahaan dengan narasumber dari Pengurus Karang Taruna Barito Timur.

Kepala Desa Turan Amis Leonardus dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, mengajak para pemuda untuk bersama-sama membangun Desa Turan Amis.

Kepala Desa Turan Amis Leonardus saat menyampaikan sambutan pada pembukaan pelatihan Karang Taruna Bina Muda, Kamis, 11 Januari 2024. (Foto: Ariwaratanu)

“Habis ini (pelatihan) saya berharap Turan Amis akan lebih maju lagi karena ada beberapa aspek dan beberapa bidang yang akan kita kembangkan melalui pariwisata, UMKM dan juga lain-lainnya seperti contoh saya mau mengembangkan sapi dan juga kambing yang dikelola oleh BUMDes dan juga Karang Taruna di Desa Turan Amis,” ujarnya.

Leonardus juga berpesan kepada pemuda Turan Amis agar menggunakan media sosial dengan benar dan mengembangkan kegiatan yang positif dan produktif serta mengembangkan diri sehingga siap bersaing di dunia kerja maupun dunia usaha saat ibukota negara telah pindah ke Kalimantan.

“Selanjutnya kami juga Karang Taruna Kabupaten tetap eksis membina anak muda, saya selaku kepala desa siap mendukung karena saya yakin saudara saya Ketua Karang Taruna Kabupaten (Ariwaratanu) mampu membina anak-anak muda karena beliau punya wawasan yang tinggi, lebih utamanya beliau bisa membawa anak muda menjadi lebih baik ke depannya,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Barito Timur Ariwaratanu menilai bahwa di bawah kepemimpinan Leonardus sebagai Kades Turan Amis, Karang Taruna Bina Muda sangat aktif dan berperan dalam berbagai kegiatan sosial atau pun kemasyarakatan yang dilaksanakan di desa.

“Saya berterimakasih dan mengapresiasi saudara saya Leonardus, BPD dan seluruh lapisan masyarakat yang selalu melibatkan Karang Taruna Bina Muda dalam berbagai kegiatan,” ucapnya.

Ariwaratanu mengungkapkan, di samping menjabat sebagai Kepala Desa Turan Amis, Leonardus juga mengambil tanggung jawab sebagai Wakil Ketua III Karang Taruna Barito Timur.

“Karang Taruna Bina Muda adalah sebagai bukti nyata dari upaya Pemdes Turan Amis dalam mendukung potensi pemuda melalui Karang Taruna sehingga bisa memfasilitasi keinginan dari pemuda sesuai dengan tugas dan fungsi organisasi Karang Taruna. Saya sudah sering datang ke sini jadi tahu potensi apa saja yang bisa kita kembangkan melalui Karang Taruna,” katanya.

Karena itu Ariwaratanu juga berharap melalui pelatihan itu para kader Karang Taruna siap dengan segala keadaan di era globalisasi dengan gerakan dan aksi nyata, karakter yang khas serta kesetiakawanan sosial.

Para peserta menyimak pelatihan yang yang diisi Ariwaratanu dan Septiani dengan antusias karena materi tidak hanya disampaikan satu arah namun juga dengan diskusi dan tanya jawab serta berbagi pengalaman berorganisasi maupun inovasi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua Karang Taruna Kecamatan Raren Batuah, Ketua Karang Taruna Kecamatan Awang, Ketua Karang Taruna Kecamatan Pematang Karau, Ketua Karang Taruna Desa Netampin, Ketua Karang Taruna Desa Sumber Garunggung serta beberapa Pengurus Karang Taruna Barito Timur. (ASR)

error: Content is protected !!