Bisnis  

PT BCL Salurkan Bantuan Ke Warga Terdampak Banjir di Kecamatan Patangkep Tutui

PT BCL menyalurkan bantuan bahan kebutuhan pokok untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Patangkep Tutui, Minggu, 10 Desember 2023. (Foto: Ist)

BERITA62.COM, Barito Timur – Hujan deras disertai petir yang melanda Desa Bentot dan Desa Mawani, Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur sejak Sabtu hingga Minggu (9-10 Desember 2023) menyebabkan kedua desa yang berdekatan dengan ring 1 PT Bhadra Cemerlang (BCL) tersebut terendam banjir.

Data yang dihimpun PT BCL di Desa Bentot terdapat 130 keluarga terdampak banjir yang tersebar di RT 03, 04, 05 dan dan 06. Sedangkan dari Desa Mawani terdapat 30 keluarga.

Musibah banjir yang menimpa Desa Bentot dan Desa Mawani tersebut mendorong PT BCL menyalurkan bantuan logistik bahan pokok berupa beras, minyak goreng, telur dan mie instan.

“Bantuan bahan pokok ini diharapkan dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak banjir,” ungkap Community Development Officer PT BCL, Suparmono, sesaat menyalurkan bantuan, Minggu, 10 Desember 2023.

Dia menuturkan, banjir pada kedua desa itu bahkan menggenang hingga ke dalam rumah warga dan menyebabkan perabotan rumah tangga ikut terendam.

Kondisi tersebut diperparah dengan beberapa akses jalan yang biasa dilalui warga masyarakat tidak bisa diakses. Selain itu, banyak areal perkebunan dan lahan pertanian yang terendam sehingga warga masyarakat dari Desa Bentot dan Desa Mawani kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Kepala Desa Desa Bentot, Harapanta Tarigan mengungkapkan terima kasih kepada PT BCL atas bantuan bahan kebutuhan pokok yang diberikan kepada warganya.

“Terima kasih untuk bantuan bahan pokok yang diberikan. Hingga saat ini warga kami masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup akibat akses jalan yang belum sepenuhnya bisa di lalui. Terlebih lagi areal persawahan atau ladang juga masih tergenang air,” ucapnya.

Harapanta menerangkan, banjir di desa yang dipimpinnya menyebabkan warga mengungsi ke dataran yang lebih tinggi atau ke rumah keluarga yang tidak terdampak banjir.

Senada, Badan Permusyawaratan Desa Mawani (BPD), Yusran, juga berterima kasih atas bantuan bahan pokok yang diberikan PT BCL.

“Terima kasih atas perhatian manajemen PT BCL pada warga Desa Mawani. Bantuan bahan pokok ini sangat kami perlukan,” ujarnya.

Dia pun berharap bantuan bahan pokok dari PT BCL dapat meringankan kondisi masyarakat terdampak banjir yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dalam beberapa hari ke depan akibat terputusnya jalan dan rusaknya areal persawahan dan ladang. (ADV)

error: Content is protected !!