Umum  

Kapolres Barito Timur Hadiri Pelantikan Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak 2023

Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela bersama unsur Forkopimda lainnya saat menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 84 kepala desa, Rabu, 16 Agustus 2023. (Foto: Humas Polres Bartim)

BERITA62.COM, Barito Timur – Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela, menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 84 kepala desa terpilih hasil Pilkades Serentak Barito Timur 2023 oleh Bupati Barito Timur di Gedung Mantawara Tamiang Layang, Rabu, 16 Agustus 2023.

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Barito Timur, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah dan para Asisten, Kepala Perangkat Daerah terkait, para Camat serta keluarga Kades yang dilantik.

Dalam sambutannya usai melantik dan mengambil sumpah/janji, Bupati Barito Timur menerangkan, pelantikan kepala desa terpilih merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014, Peraturan Daerah Kabupaten Barito Timur Nomor 4 Tahun 2018 dan Peraturan Bupati Barito Timur Nomor 15 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan dan Pengangkatan Kepala Desa.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa pengesahan dan pelantikan kepala desa terpilih dari 84 desa ini merupakan tahapan akhir dari rangkaian proses yang telah kita lalui beberapa waktu yang lalu,” ucapnya.

Ampera menambahkan, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji merupakan
dasar konstitusional bagi kepala desa terpilih dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pelayanan masyarakat, kegiatan pemberdayaan masyarakat, pengawasan dan pembangunan di desa.

“Pengucapan sumpah janji pada hakekatnya merupakan komitmen tanggung jawab sebagai pemimpin untuk menjalankan roda pemerintahan desa kepada masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.

Oleh karena Kepala Daerah berharap sumpah/janji yang telah diucapkan, ditunjukkan oleh masing-masing kepala desa melalui sikap dan tindakan yang memiliki integritas yang tinggi, moral dan marwah yang baik serta memiliki semangat pengabdian yang tinggi dalam menjalankan tugas secara optimal dan berkeadilan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Kepada saudara-saudara yang telah diberi mandat oleh
masyarakat dan ditetapkan menjadi kepala desa hendaknya dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan sumpah/janji yang saudara/saudari ucapkan,” pesan Bupati.

Kapolres Barito Timur yang diwawancarai usai pelantikan, mengucapkan selamat kepada kepada para kepala desa terpilih yang telah dilantik dan diambil sumpah janjinya.

“Selamat mengemban tugas kepada kepala desa terpilih semoga bisa melaksanakan tugas dan kewajiban untuk menjalankan pemerintahan, pemberdayaan, pembangunan dan pembinaan masyarakat desa agar semakin maju mandiri dan sejahtera,” ucapnya.

“Mari kita bersama-sama bersinergi dalam menjaga kondusifitas dan keamanan di wilayah Barito Timur ini,” lanjut Kapolres. (ASR)

error: Content is protected !!