Tips  

Tips Mudah Membuat Laptop Umur Panjang

MacBook Laptop. (Foto: pixabay.com)

BERITA62.COM – Komputer jinjing atau laptop telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Perangkat ini memudahkan kita dalam melakukan pekerajaan saat bepergian. Namun, seperti semua barang elektronik, laptop memiliki umur yang terbatas dan dapat mulai menunjukkan performa yang menurun dari waktu ke waktu.

Untuk memastikan laptop berperforma baik, bertahan selama mungkin atau berumur panjang, penting untuk melakukan langkah-langkah perawatan dan pencegahan kerusakan.

Berikut 5 tips merawat laptop agar berumur panjang seperti dilansir dari idntimes.com:

1. Menjaga kebersihan laptop

Salah satu cara termudah untuk memperpanjang umur laptop kamu adalah dengan menjaga kebersihannya. Ini mungkin terkesan sepele, namun pada praktiknya masih banyak orang yang tidak melakukannya. Debu dan kotoran dapat menumpuk di dalam laptop seiring waktu, yang dapat menyumbat sistem pendingin dan menyebabkan laptop menjadi terlalu panas.

Kondisi ini juga dapat merusak komponen internal, menyebabkan kerusakan permanen, dan mengurangi masa pakai laptop. Untuk menjaga kebersihan laptop, cukup usap secara teratur dengan kain lembut atau microfiber dan gunakan kuas atau compressed air untuk mengeluarkan debu dan kotoran dari keyboard dan port.

2. Hindari penggunaan laptop pada suhu ekstrem

Suhu yang ekstrem juga dapat merusak laptop, jadi penting untuk menjauhkan laptop dari paparan panas dan dingin. Hindari meletakkan laptop di permukaan yang lembut, seperti tempat tidur atau sofa, di mana aliran udara dapat terhambat dan menyebabkan overheat.

Demikian pula, hindari menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang panas, yang dapat menyebabkan komponen internal memuai dan berpotensi menyebabkan kerusakan permanen. Jika menggunakan laptop di lingkungan yang dingin, biarkan laptop mencapai suhu ruangan sebelum menyalakannya.

3. Memakai voltage stabilizer

Tegangan listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen internal laptop. Karena itu penting untuk melindunginya dengan voltage stabilizer.

Stabilizer akan membantu mencegah lonjakan tegangan listrik pada laptop, mengurangi risiko kerusakan, dan membantu memperpanjang masa pakainya.

4. Menyimpan laptop dengan benar

Saat sedang tidak menggunakan laptop, penting untuk menyimpannya dengan benar. Hindari menyimpannya di dalam tas jinjing atau tas ransel karena dapat tergencet dan terbentur, sehingga menyebabkan kerusakan pada komponen internal.

Sebaiknya disimpan di tempat yang aman dan kering, seperti laci meja atau rak, di mana laptop akan terlindung dari benturan dan potensi kerusakan lainnya.

5. Melakukan software update

Terakhir, salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk memperpanjang umur laptop adalah dengan melakukan software update. Software update secara teratur dapat membantu memperbaiki bug dan kerentanan yang berpotensi menyebabkan kerusakan atau membahayakan data kamu. Dengan melakukan software update, kita dapat memastikan bahwa laptop berjalan lancar untuk terus menunjang pekerjaan.

Menjaga laptop agar bertahan lebih lama terdiri dari kombinasi dua faktor yaitu, aspek fisik dan perangkat lunak. Dengan menjaga kebersihan laptop, menghindari suhu ekstrem, menggunakan voltage stabilizer, menyimpannya dengan benar serta memperbarui software, usia laptop dapat diperpanjang.

Jika kita menggunakan laptop untuk bekerja, sekolah, atau sebagai media hiburan, langkah-langkah sederhana tadi akan membantu mengoptimalkan laptop. (ASR/Johan/idntimes.com)

error: Content is protected !!