Umum  

Relawan BPK Samuja dan RGB Evakuasi King Cobra dari WC Warga

King cobra sepanjang hampir 3 meter yang dievakuasi dari WC warga RT 12 Perumahan Janah Harapan Kelurahan Ampah Kota, Jumat, 3 Februari 2023.

BERITA62.COM, Barito Timur – Relawan BPK Samuja dan RGB-33 Ampah Kabupaten Barito Timur mengevakuasi ular berbisa jenis king cobra dari WC warga di RT 12 Perumahan Janah Harapan Kelurahan Ampah Kota, Jumat, 3 Februari 2023.

Wakil Ketua BPK Samuja Davi Pramana mengatakan, pihaknya menerima laporan dan permintaan bantuan dari warga untuk menangkap ular yang masuk ke dapur itu sekitar pukul 11.34 WIB.

“Tim Animal Rescue BPK Samuja dan RGB (Relawan Gang Bhakti) yang dipimpin Rakhmat Hidayat kemudian mendatangi lokasi dilengkapi peralatan stik penangkap ular dan karung,” ungkapnya.

Davi menuturkan, ular berbisa dari jenis paling mematikan yang memiliki panjang hampir 3 meter tersebut sebelumnya akan memangsa anak ayam di kandang warga perumahan. Ketika ketahuan oleh pemilik ayam lalu ular tersebut kabur ke rumah sebelah milik Abah Razka.

“Saat dia kabur ke belakang ada celah di pintu WC rumah Abah Razka dan masuk bersembunyi di situ,” jelasnya.

Dengan menggunakan stik penangkap ular Tim Animal Rescue kemudian mengeluarkan king cobra tersebut dari WC.

Menyikapi seringnya ular berbisa masuk ke pemukiman, Davi berpesan agar masyarakat sekitar mengenali jenis-jenis ular dan tidak menangani sendiri saat menemukan ular berbisa.

“Kalau ada ular berbisa masuk pemukiman laporkan saja kepada kami, Insya Allah kami siap membantu untuk evakuasi dengan peralatan yang kami miliki demi keamanan lingkungan dan keselamatan warga,” ujarnya.

Davi melanjutkan, untuk ular yang tidak berbisa jika masyarakat dapat menangani sendiri dipersilahkan.

“Ular sanca meskipun dikenal tidak berbisa tapi lilitannya mematikan, karena itu kalau ukurannya besar kami tidak menyarankan untuk ditangani sendiri, itu harus ditangani orang-orang yang mengerti animal rescue,” pesannya. (ASR)

error: Content is protected !!