Umum  

Tentang “Rakat”, Tarian Massal yang Ditampilkan pada Peringatan HAB ke-77 Kemenag Barito Timur

Tarian massal "Rakat" pada peringatan Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama di Halaman Kantor Kemenag Barito Timur.

BERITA62.COM, Barito Timur – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur menampilkan tarian massal berjudul “Rakat” pada peringatan Hari Amal Bakti atau HAB ke-77 Kementerian Agama, Selasa, 3 Januari 2023.

Suguhan tarian tersebut disaksikan oleh Wakil Bupati Barito Timur, Kepala Kantor Kemenag, Kapolres, Ketua FKUB, Ketua Baznas, Kepala Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang, Pabung Kodim 1012 Buntok dan tamu undangan lainnya.

Pilu Hartono sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut menjelaskan, sesuai dengan judulnya yang berarti akur atau rukun, tarian Rakat menjadi potret atau gambaran kondisi kehidupan masyarakat yang hidup akur, rukun dan damai di tengah keberagaman suku, budaya dan agama masyarakat Barito Timur.

“Tarian massal ini merupakan penggabungan tari dadas, tari giring-giring, tari bahalai, tari mandau dan tari melayu,” jelasnya.

Pada saat tampil, para penari juga membentuk harmoni sesuai tema HAB ke-77 Kementerian Agama RI yakni Kerukunan Umat untuk
Indonesia Hebat.

Tarian hasil kreasi penata tari Debby Aulia Firdaus dan Gilang January serta penata busana Siti Karmilawati itu juga membentuk formasi H-A-B pada bagian akhir.

“Tari massal ini menjadi
persembahan dari hati untuk memeriahkan Hari Amal Bhakti ke-77 Kementerian
Agama RI,” tandas Pilu Hartono. (ASR)