Tips  

Tips Membuat Keripik Pisang Yang Enak Renyah

Keripik pisang manurun, oleh-oleh dari Barito Timur digemari oleh banyak orang

BERITA62.COM – Membuat Keripik Pisang itu mudah. Bahkan lebih mudah dari menyiapkan menu makan malam buat keluarga. Jadi semua bisa membuat keripik pisang kan?

Namun membuat keripik pisang yang benar-benar enak-renyah adalah pengecualian. Dibutuhkan teknik yang benar mulai dari penyiapan bahan baku hingga proses pembuatan.

Berikut tips-tips membuat keripik pisang yang enak-renyah dari dari dapur Bu Tanti yang memproduksi Keripik Pisang Manurun, Oleh-Oleh Barito Timur:

1. Pilihlah pisang kepok kuning atau yang biasa disebut pisang manurun yang sudah cukup tua. Umur buah pisang manurun yang tua sekitar 80-90 hari.
Kenapa pisang manurun kuning? Pisang manurun kuning menghasilkan keripik berwarna kuning yang menarik. Cara membedakan dengan pisang manurun putih yaitu: warna kulit pisang manurun kuning lebih hijau gelap ketika tua.

2. Gunakan pisang yang sehat berisi dan ditebang hari itu juga. Penggunaan pisang yang telah disimpan beberapa hari akan mempengaruhi kerenyahan keripik karena pisangnya telah layu.

3. Pisang yang telah dikupas harus segera digoreng. Kupasan pisang yang disimpan beberapa jam akan membuat pisang kebiru-biruan karena getah pisang yang mengering. Ini akan membuat warna keripik nanti terlihat kotor.

4. Jangan merendam irisan pisang dengan air kapur. Perendaman irisan pisang dengan air kapur justru akan menghasilkan keripik pisang yang keras, karena zat kapur justru membentuk lapisan luar yang keras pada irisan pisang.
Lebih parah lagi, saya dengar ada yang merendam irisan pisang dalam air kaporit. Wah!

5. Gunakan minyak goreng yang baik yaitu yang mengandung lemak jenuh paling rendah (jangan minyak goreng curah). Kita memang tidak makan merek, namun menggunakan minyak goreng kemasan dengan merek terkenal akan memberikan jaminan kualitas minyak goreng.

6. Goreng keripik dalam minyak yang benar-benar panas.

7. Simpan keripik pisang dalam wadah tertutup yang kedap udara.

8. Jika untuk dijual, gunakanlah kemasan yang baik agar keripik tetap renyah ketika sampai ke tangan konsumen.

Jangan menyerah untuk terus bereksperimen hingga menemukan resep khas keripik pisang buatan Anda. Selamat mencoba!

____________

* Jika anda ingin memesan Keripik Pisang Manurun Oleh-Oleh Barito Timur, bisa hubungi Dapur Bu Tanti di WA 085253652888

error: Content is protected !!